Rabu, Desember 20, 2017

Pengertian Sel Dan Contoh Sel Serta Fungsi Sel Menurut Robert Hooke.

Dalam biologi, sel ialah kumpulan materi sangat sederhana yang bisa hidup dan adalahunit penyusun seluruh makhluk hidup. Sel dapat melakukan semua kegiatan kehidupan dan mayoritas reaksi kimia untuk menjaga kehidupan dilangsungkan di dalam sel.

Kebanyakan makhluk hidup tersusun atas sel tunggal,atau dinamakan organisme uniseluler, contohnya bakteri dan amoeba. Makhluk hidup lainnya, tergolong tumbuhan, hewan, dan manusia, adalahorganisme multiseluler yang terdiri dari tidak sedikit tipe sel terspesialisasi dengan kegunaannya masing-masing.

Tubuh manusia, misalnya, tersusun atas lebih dari 1013 sel. Namun, semua tubuh seluruh organisme berasal dari hasil pembelahan satu sel. Contohnya, tubuh bakteri berasal dari pembelahan sel bakteri induknya, sedangkan tubuh tikus berasal dari pembelahan sel telur induknya yang telah dibuahi.

Sel-sel pada organisme multiseluler tidak bakal bertahan lama andai masing-masing berdiri sendiri.Sel yang sama dikelompokkan menjadi jaringan, yang membina organ dan lantas sistem organ yang menyusun tubuh organisme tersebut.

Pengertian Sel Dan Fungsinya

Contohnya, sel otot jantung menyusun jaringan otot jantung pada organ jantung yang adalahbagian dari sistem organ peredaran darah pada tubuh manusia. Sementara itu, sel sendiri tersusun atas komponen-komponen yang dinamakan organel.

Sel terkecil yang dikenal manusia merupakan bakteri Mycoplasma dengan diameter 0,0001 hingga 0,001 mm,sedangkan di antara sel tunggal yang dapat dilihat dengan mata telanjang merupakan telur ayam yang belum dibuahi.

Akan tetapi, mayoritas sel berdiameter antara 1 hingga 100 µm (0,001–0,1 mm) sampai-sampai hanya dapat dilihat dengan mikroskop. Penemuan dan kajian mula tentang sel memperoleh peradaban sejalan dengan penemuan dan penyempurnaan mikroskop pada abad ke-17.

Robert Hooke kesatu kali mendeskripsikan dan menamai sel pada tahun 1665 saat ia meneliti suatu irisan gabus (kulit batang pohon ek) dengan mikroskop yang mempunyai perbesaran 30 kali.Namun, teori sel sebagai unit kehidupan baru dirumuskan nyaris dua abad setelah tersebut oleh Matthias Schleiden dan Theodor Schwann. Selanjutnya, sel dikaji dalam cabang biologi yang dinamakan biologi sel.

FUNGSI SEL
Seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa sel adalah pengatur dan pengontrol seluruh kegiatan tubuh makhluk hidup, baik yang disadari maupun tidak disadari.

Fungsi ini dijalankan tidak melulu oleh satu sel, tetapi sekelompok sel yang menyusun jaringan, lantas jaringan dengan destinasi yang sama akan menyusun organ, lalu sejumlah organ menyusun sistem organ, dan sistem organ menyusun makhluk hidup (organisme).

Robert Hooke adalah ilmuan kesatu yang mengerjakan pengamatan sel secara tidak sengaja, ia meneliti sel gabus dari tanaman oak di bawah mikroskop dan lantas menemukan rongga-rongga kosong laksana sarang lebah, yang kemudian disebut sel. Secara umum faedah sel yang sekaligus menjadi teori sel ialah sebagai inilah :

  • Sel sebagai unit fungsional tubuh (Teori yang diajukan oleh Max schultze)
  • Sel sebagai unit struktural tubuh (Teori yang diajukan oleh Mathias Jacob Schleiden dan Theodor Schwaan)
  • Sel sebagai unit perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup (Rudolf Virchow)
  • Sel sebagai kesatuan hereditas (pewarisan sifat) yang bisa menurunkan sifatnya untuk keturunannya (Teori ini diperkenalkan oleh Walter Sutton dan Theodor Boveri)

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close