Selasa, Desember 05, 2017

Pengertian Ideologi Secara Etimologi, Bahasa Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis Dan Dampak Dari Ideologi.

Ideologi adalah suatu gagasan atau gagasan. Kata ideologi sendiri dibuat oleh Antoine Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 guna mendefinisikan "sains mengenai ide". Ideologi dapat dirasakan sebagai visi yang komprehensif, sebagai teknik memandang segala sesuatu (bandingkan Weltanschauung).

secara umum (lihat Ideologi dalam kehidupan sehari hari) dan sejumlah arah filosofis (lihat Ideologi politis), atau sekelompok gagasan yang dikemukakan oleh ruang belajar yang berpengaruh pada semua anggota masyarakat. Tujuan utama di balik ideologi ialah untuk menawarkan perubahan melewati proses pemikiran normatif.

Pengertian Ideologi

Ideologi ialah sistem pemikiran abstrak (tidak melulu sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga menciptakan konsep ini menjadi inti politik. Secara implisit masing-masing pemikiran politik mengekor sebuah ideologi walaupun tidak ditaruh sebagai sistem beranggapan yang eksplisit. (definisi ideologi Marxisme).

Ideologi Secara Etimologi
Kata Ideologi kesatu kali diperkenalkan oleh filsuf Prancis Destutt de Tracy pada tahun 1796. Kata ini berasal dari bahasa Prancis idéologie, merupakan campuran 2 kata yaitu, idéo yang mengacu kepada usulan dan logie yang mengacu untuk logos, kata dalam bahasa Yunani untuk menyatakan logika dan rasio.

Destutt de Tracy memakai kata ini dalam definisi etimologinya, sebagai "ilmu yang mencakup kajian mengenai asal usul dan hakikat gagasan atau gagasan".

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Dan Pakar
Pengertian Ideologi Menurut Ibnu Sina
Tanpa definisi, anda tidak akan pernah dapat sampai pada konsep.
Karena tersebut menurut keterangan dari dia, sama pentingnya dengan silogisme (baca : logika berfikir yang benar) untuk setiap proposisi (dalil atau pernyataan) yang anda buat.

Mabda’ secara etimologi ialah mashdar mimi dari kata bada’ayabdau bad’an wa mabda’an yang berarti permulaan. Secara terminologis berarti pemikiran fundamental yang di bina di atas pemikiran-pemikiran (cabang) [dalam Al-Mausu’ah al-Falsafiyah, entry al-Mabda’].

Al-Mabda’ (ideologi): pemikiran fundamental (fikrah raisiyah) dan patokan asasi (al-qaidah al-asasiyah) tingkah laku. Dari segi logika al-mabda’ ialah pemahaman fundamental dan asas setiap ketentuan [lihat daftar tepi buku Ususun Nahdhah ar-Rasyidah, urusan 36]

Pengertian Ideologi Menurut Drs. Moerdiono
Ideologi berarti a system of ideas, bakal mensistematisasikan semua pemikiran tentang kehidupan ini dan melengkapinya dengan sarana serta kepandaian dan strategi dengan destinasi menyesuaikan suasana nyata dengan nilai-nilai yang terdapat dalam filsafat yang menjadi induknya.

Pengertian Ideologi Menurut Gunawan Setiardjo :
Ideologi ialah kumpulan gagasan atau usulan atau aqidah 'aqliyyah (akidah yang sampai melewati proses berpikir) yang mencetuskan aturan-aturan dalam kehidupan

Pengertian Ideologi Menurut Destutt de Tracy:
Ideologi ialah studi terhadap gagasan – ide/pemikiran tertentu. 2 april 2004

Pengertian Ideologi Menurut Descartes:
Ideologi ialah inti dari seluruh pemikiran manusia. 5 mei 2004

Pengertian Ideologi Menurut Machiavelli:
Ideologi ialah sistem perlindungan dominasi yang dipunyai oleh penguasa. 1 agustus 2006

Pengertian Ideologi Menurut Thomas H:
Ideologi ialah suatu teknik untuk melindungi dominasi pemerintah supaya dapat bertahan dan menata rakyatnya. 23 oktober 2004

Pengertian Ideologi Menurut Francis Bacon
Ideologi ialah sintesis pemikiran fundamental dari sebuah konsep hidup. 5 januari 2007

Pengertian Ideologi Menurut Moh. A Safaudin
"Ideologi ialah pemikiran mengarah ke keadilan, kesetaraan dan kesejahteraan bareng yang melewati proses berfikir insan untuk menilai aturan-aturan dalam kehidupan."

Pengertian Ideologi Menurut Karl Marx:
Ideologi adalahalat untuk menjangkau kesetaraan dan kesejahteraan bareng dalam masyarakat. 1 mei 2005

Pengertian Ideologi Menurut Napoleon:
Ideologi borongan pemikiran politik dari rival–rivalnya. 22 desember 2003

Pengertian Ideologi Menurut Muhammad Ismail:
Ideologi (Mabda’) ialah Al-Fikru al-asasi al-ladzi hubna Qablahu Fikrun Akhar, pemikiran fundamental yang sama sekali tidak di bina (disandarkan) di atas pemikiran pemikiran yang lain.

Pemikiran fundamental ini adalah akumulasi jawaban atas pertanyaan dari mana, guna apa dan inginkan ke mana alam, insan dan kehidupan ini yang dihubungkan dengan asal muasal penciptaannya dan kehidupan setelahnya? 24 april 2007

Pengertian Ideologi Menurut Dr. Hafidh Shaleh:
Ideologi ialah sebuah pemikiran yang mempunyai gagasan berupa konsepsi rasional (aqidah aqliyah), yang mencakup akidah dan penyelesaian atas semua problem kehidupan manusia. Pemikiran itu harus memiliki metode, yang mencakup metode guna mengaktualisasikan gagasan dan penyelesaian tersebut, cara mempertahankannya, serta cara menyebarkannya ke semua dunia. 12 november 2008

Pengertian Ideologi Menurut Taqiyuddin An-Nabhani:
Mabda’ ialah suatu aqidah aqliyah yang mencetuskan peraturan. Yang dimaksud aqidah ialah pemikiran yang lengkap tentang alam semesta, manusia, dan hidup, serta mengenai apa yang terdapat sebelum dan sesudah kehidupan.

di samping hubungannya dengan Zat yang terdapat sebelum dan setelah alam kehidupan di dunia ini. Atau Mabda’ ialah suatu gagasan dasar yang menyeluruh tentang alam semesta, manusia, dan hidup. Mencakup dua unsur yaitu, fikrah dan thariqah. 17 juli 2005

Secara garis besar dapat diputuskan bahwa Ideologi (mabda’) ialah pemikiran yang merangkum konsepsi fundamental tentang kehidupan dan mempunyai metode guna merasionalisasikan pemikiran itu berupa fakta, metode mengawal pemikiran tersebut supaya tidak menjadi absurd dari pemikiran-pemikiran yang beda dan metode guna menyebarkannya.

Contoh Ideologi
Ideologi politik
Dalam ilmu sosial, ideologi politik ialah sebuah himpunan gagasan dan prinsip yang menyatakan bagaimana seharusnya masyarakat bekerja, dan menawarkan ringkasan order masyarakat tertentu. Ideologi politik seringkali mengenai dirinya dengan bagaimana mengatur dominasi dan bagaimana seharusnya dilaksanakan.

Teori komunis Karl Marx, Friedrich Engels dan pengekor mereka, tidak jarang dikenal dengan marxisme, dirasakan sebagai ideologi politik paling dominan dan diterangkan lengkap pada abad 20.

Contoh ideologi lainnya termasuk: anarkisme, kapitalisme, komunisme, komunitarianisme, konservatisme, neoliberalisme, Demokrasi Islam, demokrasi kristen, fasisme, monarkisme, nasionalisme, nazisme, liberalisme, libertarianisme, sosialisme, dan demokrat sosial.

Kepopuleran ideologi berkat pengaruh dari "moral entrepreneurs", yang kadangkala beraksi dengan destinasi mereka sendiri. Ideologi politik ialah badan dari ideal, prinsip, doktrin, mitologi atau simbol dari gerakan sosial, institusi, kelas, atau grup besar yang mempunyai tujuan politik dan kebiasaan yang sama. Merupakan dasar dari pemikiran politik yang mencerminkan suatu partai politik dan kebijakannya.

Jenis-Jenis Ideologi
Pada dasarnya, jenis ideology memiliki sekian banyak  macam yang perlu anda ketahui. Berikut ini ada sejumlah macam ideology yang terdapat pada masyarakat atau Negara. Jenis yang kesatu ialah Liberalisme.

Jenis ini sangat tidak sedikit dipegang oleh masyarakat dunia dimana paham ini mempunyai pandangan filsafat dan tradisi politik bahwa kemerdekaan dan persamaan hak ialah nilai politik yang utama.

Berdasarkan Pengertian ideology, terdapat jenis beda dari jenisnya laksana paham komunisme yang mempunyai akar pada pemikiran Karl Marx. Selain tersebut juga terdapat paham Konservatisme dimana paham ini menjaga status quo dan mengupayakan untuk menghindarkan perubahan-perubahan prinsip dalam sebuah tatanan sebuah masyarakat yang sudah ada.

Fungsi Ideologi
Fungsi Ideologi ini paling penting sebab ideology memiliki faedah untuk melengkapi struktur kognitif manusia. Di samping itu, ideology pun memiliki faedah suatu petunjuk masyarakat untuk mengerjakan sesuatu. Dalam dunia politik, ideology pun memiliki faedah untuk menjadi kekuatan pengendali ketika terjadi konflik politik.

Dampak Ideologi pada masyarakat
Berdasarkan Pengertian ideology diatas, ideology juga dapat membantu masyarakat guna memiliki kepercayaan dan keyakinan untuk mengerjakan sesuatu sebab mereka mempunyai dasar. Di samping itu, ideology pun memiliki guna untuk menata hubungan sebuah masyarakat satu dengan yang lainnya dengan paling baik.

Ideologi pun mampu menolong masyarakat guna melibatkan diri dalam sekian banyak  sektor kehidupan disuatu masyarakat. Walaupun begitu, ideology juga dapat menyebabkan suatu peperangan yang sudah tidak sedikit sekali contohnya. Seperti terjadinya pertentangan antara ideology marxisme dengan kapitalisme yang sampai kini masih saling menyerang satu sama lainnya.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close