Sabtu, Desember 16, 2017

Pengertian Etika Secara Bahasa, Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Menurut Terminologi.

Etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") ialah sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi tentang standar dan evaluasi moral Etika merangkum analisis dan penerapan konsep laksana benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

St. John of Damascus (abad ke-7 Masehi) menanam etika di dalam kajian filsafat praktis (practical philosophy).

Etika dibuka bila insan merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita. Kebutuhan bakal refleksi tersebut akan anda rasakan, antara lain sebab pendapat etis anda tidak jarang bertolak belakang dengan pendapat orang lain.Bagi itulah dibutuhkan etika, yakni untuk menggali tahu apa yang seharusnya dilaksanakan oleh manusia.

Secara metodologis, tidak masing-masing hal menilai tindakan dapat disebutkan sebagai etika.Etika membutuhkan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam mengerjakan refleksi.Karena itulah etika adalahsuatu ilmu.

Pengertian Etika

Sebagai sebuah ilmu, objek dari etika ialah tingkah laku manusia.Akan tetapi bertolak belakang dengan ilmu-ilmu beda yang meneliti pun tingkah laku manusia, etika mempunyai sudut pandang normatif. Maksudnya etika menyaksikan dari sudut baik dan buruk terhadap tindakan manusia.

Etika terbagi menjadi tiga unsur utama: meta-etika (studi konsep etika), etika normatif (studi penentuan nilai etika), dan etika terapan (studi pemakaian nilai-nilai etika).

Pengertian Etika Secara Umum
Dalam pergaulan hidup bermasyarakat, bernegara sampai pergaulan hidup tingkat internasional di perlukan sebuah system yang menata bagaimana seharusnya insan bergaul. Sistem penataan pergaulan itu menjadi saling memuliakan dan dikenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, protokoler dan lain-lain.

Maksud pedoman pergaulan tidak beda untuk mengawal kepentingan setiap yang terlibat supaya mereka senang, tenang, tentram, terlindung tanpa merugikan kepentingannya serta terjamin supaya perbuatannya yang tengah dijalankan cocok dengan adat kelaziman yang berlaku dan tidak berlawanan dengan hak-hak asasi umumnya.

Hal itulah yang mendasari tumbuh kembangnya etika di masyarakat kita. Berdasarkan keterangan dari para berpengalaman maka etika tidak lain ialah aturan prilaku, adat kelaziman manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk.

Perkataan etika atau lazim pun disebut etik, berasal dari kata Yunani ETHOS yang berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran untuk tingkah laku insan yang baik, laksana yang dirumuskan oleh beberapa berpengalaman berikut ini :

Drs. O.P. SIMORANGKIR : etika atau etik sebagai pandangan insan dalam berprilaku menurut keterangan dari ukuran dan nilai yang baik.

Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat : etika ialah teori mengenai tingkah laku perbuatan insan dipandang dari sisi baik dan buruk, sejauh yang bisa ditentukan oleh akal.

Drs. H. Burhanudin Salam : etika ialah cabang filsafat yang berkata mengenai nilai dan norma moral yang menilai prilaku insan dalam hidupnya.

Etika dalam perkembangannya sangat memprovokasi kehidupan manusia. Etika memberi insan orientasi bagaimana ia menjalani hidupnya melewati rangkaian perbuatan sehari-hari. Itu berarti etika membantu insan untuk memungut sikap dan beraksi secara tepat dalam menjalani hidup ini.

Etika pada akhirnya menolong kitauntuk memungut keputusan mengenai tindakan apa yang perlu saya dan anda lakukan dan yangpelru anda pahami bareng bahwa etika ini bisa diterapkan dalam segala aspek atau sisi kehidupan kita, dengan begitu etika ini dapat dipecah menjadi sejumlah bagian cocok dengan aspek atau sisi kehidupan manusianya.

Pengertian Etika Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Pengertian Etika Menurut K. Bertens
Etika ialah nilai-nila dan norma-norma moral, yang menjadi pegangan untuk seseorang atau suatu kumpulan dalam menata tingkah lakunya.

Pengertian Etika Menurut W. J. S. Poerwadarminto
Etika ialah ilmu pengetahuan mengenai asas-asas akhlak (moral).

Pengertian Etika Menurut Prof. DR. Franz Magnis Suseno
Etika ialah ilmu yang menggali orientasi atau ilmu yang menyerahkan arah dan pijakan pada perbuatan manusia.

Pengertian Etika Menurut Ramali dan Pamuncak
Etika ialah pengetahuan mengenai prilaku yang benar dalam satu profesi.

Pengertian Etika Menurut H. A. Mustafa
Etika ialah ilmu yang menyelidiki, mana yang baik dan mana yang buruk dengan menyimak amal perbuatan insan sejauh yang bisa diketahui oleh akal pikiran.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close