Sabtu, Desember 09, 2017

Pengertian Ekosistem, Komponen-Komponen Ekosistem Dan Macam-Macam Ekosistem.

Ekosistem ialah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.Ekosistem dapat dikatakan pun suatu tatanan kesatuan secara utuh dan lengkap antara segenap bagian lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

Ekosistem adalahpenggabungan dari masing-masing unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan jasmani sehingga aliran energi menuju untuk suatu struktur biotik tertentu dan terjadi sebuah siklus pelajaran antara organisme dan anorganisme.Matahari sebagai sumber dari seluruh energi yang ada.

Pengertian Ekosistem

Dalam ekosistem, organisme dalam komunitas berkembang bersama-sama dengan lingkungan jasmani sebagai sebuah sistem.Organisme bakal beradaptasi dengan lingkungan fisik, kebalikannya organisme pun memengaruhi lingkungan jasmani untuk kebutuhan hidup.

Pengertian ini didasarkan pada Hipotesis Gaia, yaitu: "organisme, terutama mikroorganisme, bersama-sama dengan lingkungan jasmani menghasilkan sebuah sistem kontrol yang menjaga suasana di bumi sesuai untuk kehidupan".

Hal ini mengarah pada fakta bahwa kandungan kimia atmosfer dan bumi paling terkendali dan sangat bertolak belakang dengan planet beda dalam tata surya.

Kehadiran, kelimpahan dan penyebaran sebuah spesies dalam ekosistem ditentukan oleh tingkat ketersediaan sumber daya serta kondisi hal kimiawi dan fisis yang mesti berada dalam kisaran yang bisa ditoleransi oleh spesies tersebut, berikut yang dinamakan dengan hukum toleransi.

Misalnya: Panda mempunyai toleransi yang luas terhadap suhu, tetapi mempunyai toleransi yang sempit terhadap makanannya, yakni bambu.Dengan demikian, panda bisa hidup di ekosistem dengan situasi apapun asalkan dalam ekosistem itu ada bambu sebagai sumber makanannya.

Berbeda dengan makhluk hidup yang lain, insan dapat memperlebar kisaran toleransinya sebab kemampuannya guna berpikir, mengembangkan teknologi dan memanipulasi alam.

Komponen-komponen pembentuk ekosistem merupakan:

Abiotik
Abiotik atau komponen tak hidup ialah komponen jasmani dan kimia yang adalahmedium atau substrat lokasi berlangsungnya kehidupan, atau lingkungan lokasi hidup.Sebagian besar komponen abiotik bervariasi dalam ruang dan waktunya.Komponen abiotik bisa berupa bahan organik, senyawa anorganik, dan hal yang memengaruhi penyaluran organisme, yaitu:

  • Suhu. Proses biologi diprovokasi suhu. Mamalia dan unggas memerlukan energi guna meregulasi temperatur dalam tubuhnya.
  • Air. Ketersediaan air memengaruhi penyaluran organisme. Organisme di gurun beradaptasi terhadap ketersediaan air di gurun.
  • Garam. Konsentrasi garam memengaruhi kesetimbangan air dalam organisme melewati osmosis. Beberapa organisme terestrial beradaptasi dengan lingkungan dengan kandungan garam tinggi.
  • Cahaya matahari. Intensitas dan kualitas cahaya memengaruhi proses fotosintesis. Air bisa menyerap cahaya sampai-sampai pada lingkungan air, fotosintesis terjadi di dekat permukaan yang tercapai cahaya matahari. Di gurun, intensitas cahaya yang besar menciptakan peningkatan suhu sehingga fauna dan tanaman tertekan.
  • Tanah dan batu. Beberapa ciri khas tanah yang mencakup struktur fisik, pH, dan komposisi mineral memberi batas penyebaran organisme menurut pada kandungan sumber makanannya di tanah.
  • Iklim. Iklim ialah kondisi cuaca dalam jangka masa-masa lama dalam sebuah area. Iklim makro mencakup iklim global, regional dan lokal. Iklim mikro mencakup iklim dalam suatu wilayah yang dihuni komunitas tertentu.

Biotik
Biotik ialah istilah yang seringkali digunakan guna menyebut sesuatu yang hidup (organisme). Komponen biotik ialah suatu komponen yang merangkai suatu ekosistem di samping komponen abiotik (tidak bernyawa). Berdasarkan peran dan fungsinya, makhluk hidup dipisahkan menjadi dua macam, yaitu:

- Heterotrof / Konsumen
Komponen heterotrof terdiri dari organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik yang disediakan oleh organisme beda sebagai makanannya . Komponen heterotrof disebut pun konsumen makro (fagotrof) sebab makanan yang dimakan berukuran lebih kecil.Yang termasuk heterotrof ialah manusia, hewan, jamur, dan mikroba.

- Pengurai / dekomposer
Pengurai atau dekomposer ialah organisme yang menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme mati.Pengurai disebut pun konsumen makro (sapotrof) sebab makanan yang dimakan berukuran lebih besar.

Organisme pengurai menyerap beberapa hasil penguraian itu dan mencungkil bahan-bahan yang simpel yang dapat dipakai kembali oleh produsen.Yang termasuk pengurai ialah bakteri dan jamur.Ada pula pengurai yang dinamakan detritivor, yaitu fauna pengurai yang memakan sisa-sisa bahan organik, contohnya ialah kutu kayu.

Tipe dekomposisi terdapat tiga, yaitu:

  1. aerobik : oksigen ialah penerima elektron / oksidan
  2. anaerobik : oksigen tidak terlibat. Bahan organik sebagai penerima elektron /oksidan
  3. fermentasi : anaerobik tetapi bahan organik yang teroksidasi pun sebagai penerima elektron. 

komponen itu berada pada sebuah tempat dan berinteraksi menyusun suatu kesatuan ekosistem yang teratur. Misalnya, pada sebuah ekosistem akuarium, ekosistem ini terdiri dari ikan sebagai komponen heterotrof, tanaman air sebagai komponen autotrof,

plankton yang terapung di air sebagai komponen pengurai, sementara yang tergolong komponen abiotik ialah air, pasir, batu, mineral dan oksigen yang terlarut dalam air.

Macam-Macam Ekosistem
Ekosistem terdiri dari dua macam yakni ekosistem alami dan ekosistem buatan ialah sebagai berikut:

1.Ekosistem Alami
Ekosistem alami ialah salah satu ekosistem yang terbentuk secara alami, tanpa terdapat campur tangan manusia. Misalnya ekosistem darat dan ekosistem air.

2.Ekosistem Buatan
Ekosistem buatan ialah salah satu ekosistem yang disusun oleh campur tangan manusia. Misalnya ekosistem bendungan, ekosistem sawah, ekosistem pemukiman dan lain-lain.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close