Selasa, Desember 05, 2017

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli, Secara Bahasa Dan Etimologi Serta Sejarah Dari Ekonomi.

Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari kegiatan manusia yang bersangkutan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani, yakni οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, lokasi tinggal tangga" dan νόμος (nomos) yang berarti "peraturan, aturan, hukum".

Secara garis besar, ekonomi ditafsirkan sebagai "aturan lokasi tinggal tangga" atau "manajemen lokasi tinggal tangga." Sementara yang dimaksud dengan berpengalaman ekonomi atau ekonom ialah orang memakai konsep ekonomi, dan data dalam bekerja.

Pengertian Ekonomi

Kata "ekonomi" adalahkata serapan dari bahasa Yunani Kuno οἰκονόμος yang bermakna "pengelolaan lokasi tinggal tangga". Kata ini merupakan campuran dari dua kata, yakni οἶκος ("rumah") and νέμω ("pengelolaan; distribusi").

Kata ini terdaftar kesatu kali dipakai pada karya yang diciptakan oleh suatu gereja pada tahun 1440 untuk mencerminkan sistem pengelolaan atau administrasi.Makna ekonomi yang tidak sedikit digunakan ketika ini, yakni ekonomi sebagai suatu sistem yang dipakai di suatu negara atau wilayah, baru berkembang pada abad ke-19 atau ke-20.

Sejarah Ekonomi
- Masa kuno
Ekonomi terdapat sejak insan menciptakan, memasok, serta menyalurkan barang atau jasa. Sebagian besar pekerjaan perekonomian kala tersebut berbasis pada produk-produk pertanian. Satuan unit shekel misalnya, bermula dari satuan yang dipakai untuk mengukur berat jelai.

Satuan ini lantas dimanfaatkan guna mengukur berat logam mulia laksana emas, perak, dan tembaga. Proses transaksi pun dilangsungkan sederhana, seringkali terjadi antara dua atau lebih orang yang bersangkutan sosial secara langsung. Sistem barter masih tidak sedikit digunakan.

Seiring dengan berkembangnya masyarakat, sistem ekonomi yang dipakai semakin kompleks. Masyarakat Sumeria, misalnya, mengembangkan ekonomi skala besar berbasis duit komoditas. Di lokasi lain.

bangsa Babilonia dan negara-kota di sekitarnya mengembangkan sistem utang-piutang, kontrak legal. dan hukum yang sehubungan dengan praktik bisnis serta properti pribadi.Sistem yang dikembangkan bangsa Babilonia ini telah maju, dan mendekati sistem canggih yang dipakai pada masa kini.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli
Pengertian Ekonomi Menurut Abraham Maslow
Abraham Maslow tergolong seorang psikolog humanis, teoretikus, pemikir, dan inspirator dalam urusan teori kepribadian, identitas, kemampuan personal dan soft skill. Beliau bermunculan pada tanggal 1 april 1908 di Brookly, New York dan meninggal pada tanggal 8 Juni 1970 di California di umur 62 tahun.

Beliau telah menuntaskan studinya di Cornell University, Brandeis University, Brooklyn College. Teori belia yang paling terkenal yakni Hierarki keperluan Manusia, Teori Humanistik dan Aktualisasi diri.

Abraham Maslow mengaku bahwa definisi ekonomi ialah suatu bidang keilmuan yang dapat menuntaskan permasalahan kehidupan insan lewat penggemblengan semua sumber ekonomi yang terdapat menurut pada teori dan prinsip dalam sebuah sistem ekonomi yang memang dirasakan efisien dan efektif.

Pengertian Ekonomi Menurut Adam Smith
Adam Smith tergolong salah seorang figur filsuf politik dan ekonomi. Sekaligus pencetus sistem ekonomi Kapitalisme yang muncul pada abad ke 18 dan 19 di Eropa Barat. Seseorang beraliran Ekonomi klasik ini sudah mengemukakan usulan penting yakni Ekonomi Klasik, usulan pasar bebas era canggih dan pembagian ketenagakerjaan.

Beliau dicetuskan di OSKirkcaldy, Fife, Skotlandia pada tanggal 5 juni 1723 dan meninggal di Edinburg, Skotlandia pada tanggal 17 juli 1970 di usia 67 tahun. Teori yang paling terkenal dari beliau yakni Teori kelebihan mutlak.

Adam Smith mengaku bahwa definisi ekonomi ialah suatu penyeldikan tetnang situasi dan karena adanya atau hadirnya kekayaan negara.

Pengertian Ekonomi Menurut John Stuart Mill
John Stuart Mill tergolong salah seorang filsuf pengalaman yang familiar dari Inggris dimana berjasa dalam mengerjakan reformasi utilitarianisme Sosial di Inggris. Beliau bermunculan di Pentonville, London pada tanggal 20 mei 1806 dan meninggal pada umur 66 tahun di Avignon pada tanggal 8 mei 1873. Beliau tergolong anak dari seseorang akademisi dan sejarawan yakni James Mill.

Johs Stuar Mill mengaku bahwa definisi ekonomi ialah ilmu praktis yang sudah mempelajari mengenai penagihan dan pengeluaran.

Pengertian Ekonomi Menurut Paul Anthony Samuelson
Paul Anthony Samuelson yakni salah seorang figur ekonomi Amerika yang telah menerima gelar doktor dari Universitas Harvard dan sukses menjadi orang amerika kesatu yang sudah meraih hadiah nobel dalam bidangnya sebagai jasanya yang telah mengembangkan teori ekonomi statis dan dinamis.

Beliau dicetuskan di Gary, Indiana pada tanggal 15 Meil tahun 1915 dan meninggal di umur 94 tahun di Belmont, Massachusetts pada tanggal 13 Desember 2009. Beliau tergolong tokoh ekonom yang paling menonjol sebelum usianya memasuki 40 tahun.

Paul A. Samuelson mengaku bahwa Pengertian Ekonomi ialah suatu teknik yang digunakan oleh seseorang atau kelompok orang dalam memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas guna memperoleh sekian banyak  macam komoditi dan produk serta menyalurkannya agar dapat dikonsumi oleh masyarakat banyak.

Pengertian Ekonomi Menurut Hermawan Kartajaya
Hermawan Kartajaya tergolong salah seorang figur pakar pemasaran asal Indonesia yang telah mendunia. Meskipun beliau pernah berkuliah di Teknik Elektro ITS (institut Teknologi Sepuluh November) akan namun sempat berhenti ditengah jalan sebab persoalan ekonomi.

Meskipun tak menemukan gelar sarjana dari ITS Surabaya akan namun siapa yang menduga bahwa beliau justeru memperoleh gelar dari mantan kampusnya yakni gelar Honoris causa atas keilmuannya dalam sektor ekonomi dan pemasaran level dunia. Jabatan beliau kini ini sebaga Presiden MarkPlus&CO.

Hermawan Kartajaya Menyatakan bahwa definisi Ekonomi ialah suatu wadah dimana sektor industri sedang melekat diatasnya.

Pengertian Ekonomi Menurut Amwal
Ekonomi ialah suatu cabang ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana menilai keputusan yang efektif guna mengelola seluruh sumber daya yang terdapat dalam rangka untuk mengerjakan pemenuhan keperluan pada pribadi atau masyarakat.

Pengertian Ekonomi Menurut Khursid Ahmad
Ekonomi ialah suatu usaha yang mensistematiskan dan mengetahui segala persoalan perekonomian dan segala macam perilaku insan dengan permasalah itu menurut perspektif ISLAM.

Pengertian Ekonomi Menurut Aristoteles
Ekonomi ialah suatu cabang yang dapat dipakai dengan dua jalan yaitu mungkin dapat dipakai dan barangkali untuk ditukar dengan barang, jadi Ekonomi memiliki nilai pertukaran dan nilai pemakaian.

Pengertian Ekonomi Menurut Samuekon
Ekonomi ialah suatu studi yang meneliti segala macam kerugian dan deviden yang mengikat seluruh pola tertentu dalam memanfaatkan pemakaian sumber daya.

Pengertian Ekonomi Menurut Lipsey
Ekonomi ialah suatu studi mengenai pemanfaatan segala sumber daya yang langka untuk mengisi segala keperluan manusia yang tak pernah berujung atau tidak terbatas.

Pengertian Ekonomi Menurut M. Manullang
Ekonomi adalahsuatu studi yang membicarakan mengenai kegiatan masyarakat dalam upaya untuk menjangkau segala kemakmuran dimana kemakmuran itu suatu suasana dimana insan dapat mengisi segala kebutuhannya, baik berupa barang atau jasa.

Pengertian Ekonomi Menurut Von Neumann dan Mogenstern
Ekonomi ialah suatu cabang ilmu yang sayang sekali andai tak diperlakukan secara tidak ilmiah sebab semua tokohnya telah sibuk mengurusi sekian banyak  macam penyelesaian supaya bisa menghadapi segala persoalan mendesak pada zaman itu.

Pengertian Ekonomi Menurut Alfred Marshall
Ekonomi ialah suatu ilmu yang mempelajari tentang segala kehidupan insan dalam sehari-hari.

Pengertian Ekonomi Menurut Case dan Fair
Ekonomi ialah suatu studi mengenai bagaimana masyarakat dan pribadi itu memungut pilihan untuk memakai segala sumber daya yang langkap terdapat apa yang telah disediakan oleh alam dan generasi yang telah ada sebelumnya.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close