Kamis, November 09, 2017

Pengertian Seni Menurut Para Ahli, Secara Umum, Fungsi Seni, Jenis-Jenis Seni, Bentuk- Bentuk Seni, Sifat-Sifat Seni, Cabang-Cabang Seni, Dan Tujuan Seni.

Seni pada mulanya ialah proses dari manusia, dan oleh karena tersebut adalah sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni dapat dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni pun dapat ditafsirkan dengan sesuatu yang dibuat manusia yang berisi bagian keindahan.

Seni paling sulit untuk diterangkan dan pun sulit dinilai. Bahwa masing-masing pribadi artis memilih sendiri ketentuan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih dapat dikatakan bahwa seni ialah proses dan produk dari memilih medium, dan sebuah set ketentuan untuk pemakaian medium itu.

Pengertian Seni Secara Umum
Seni ialah segala sesuatu yang dibuat oleh insan yang berisi bagian keindahan dan dapat membangkitkan perasaan dirinya sendiri maupun orang lain. Berdasarkan pengertian ini seni ialah produk keindahan, di mana manusia berjuang menciptakan sesuatu yang estetis dan dapat membawa kesenangan.

Istilah seni berasal dari bahasa "sanskerta" yakni sani yang ditafsirkan pemujaan, persembahan dan pelayanan yang erat dengan upacara keagamaan yang dinamakan kesenian. Berdasarkan keterangan dari Padmapusphita dimana seni berasal dari bahasa Belanda "genie" dalam bahasa latin dinamakan dengan genius yang dengan kata lain kemampuan spektakuler yang dibawa semenjak lahir.

Pengertian Seni

Sedangkan menurut keterangan dari Ilmu Eropa bahwa seni berasal dari kata "art" yang berarti artivisual yaitu sebuah media yang melakukan pekerjaan tertentu. Dari banyak makna seni, dan semakin berkembangnya zaman membuat tidak sedikit para berpengalaman mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian seni.

Jika memperhatikan format seni tradisional, keindahan seni bisa terlihat dengan jelas : laksana seni karawitan ialah campuran suara atau suara yang indah, kayu ukiran di lokasi tinggal yang bermanfaat sebagai dekorasi serta meningkatkan pemandangan semakin menarik.

Tetapi saat kita menghadapi seni modern, tidak tak dapat bahwa anda akan berhadapan dengan sesuatu yang sama sekali tidak estetis dan menyenangkan

Pengertian Seni Menurut Para Ahli
Pengertian Seni Menurut Aristoteles: Pengertian seni menurut keterangan dari Aristoteles seni ialah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah membias dari fakta dan seni itu ialah meniru alam.

Pengertian Seni Menurut Sudarmaji: Pengertian seni menurut keterangan dari Sudarmaji seni ialah segala pengejawantahan batin dan pengalaman indah dengan memakai media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

Pengertian Seni Menurut Alexander Baum Garton: Pengertian seni menurut keterangan dari Alexander Baum Garton bahwa seni ialah keindahan dan seni mempunyai tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

Pengertian Seni Menurut Ki Hajar Dewantara: Pengertian seni menurut keterangan dari Ki Hajar Dewantara ialah hasil keindahan sampai-sampai dapat menggerakkan perasaan estetis orang yang melihatnya, oleh karena tersebut perbuatan insan yang dapat memprovokasi dapat memunculkan perasaan estetis itu seni.

Pengertian Seni Menurut Immanuel Kant: Pengertian seni menurut keterangan dari Immanuel Kant ialah sebuah khayalan karena rumus-rumus tidak bisa mengihtiarkan kenyataan.

Pengertian Seni Menurut Hilary Bel: Pengertian seni menurut keterangan dari Hilary Bel bahwa ialah istilah yang dipakai untuk seluruh karya yang bisa menggugah hati untuk menggali tahu siapa penciptanya.

Pengertian Seni Menurut Leo Tolstoy: Pengertian seni menurut keterangan dari Leo Tolstoy ialah ungkapan perasaan pencipta yang dikatakan kepada orang lain supaya mereka dapat menikmati apa yang dialami pelukis.

Pengertian Seni Menurut James Murko: Pengertian seni menurut keterangan dari James Murko ialah penjelasan rasa estetis yang terdapat dalam jiwa masing-masing manusia, dicetuskan dengan perantaraan perangkat komunikasi ke dalam format yang dapat dirasakan oleh indra pendengar (seni suara) , penglihatan (seni lukis), atau dicetuskan dengan perantaraan gerak (seni tari, drama).

Pengertian Seni Menurut Ira Adriati. M.Sn (Dosen Seni ITB): Pengertian seni menurut keterangan dari Ira Adriati ialah proses dan produk dari memilih medium, dan sebuah set ketentuan untuk penggnaan medium itu, dan sebuah set nilai-nilai yang menilai apa yang layak dengan ekspresi lewat medium itu, untuk mengucapkan baik kepercayaan, gagasan, sensasi atau perasaan dengan teknik seefektif barangkali untuk medium itu.

Pengertian Seni Menurut Eric Ariyanto: Pengertian seni menurut keterangan dari Eric Aryanto ialah kegiatan rohani atau kegiatan batin yang direfleksikan dalam format karya yang dapat membangunkan perasaan orang beda yang menyaksikan atau mendengarkannya.

Pengertian Seni Menurut Drs. Popo Iskandar: Pengertian seni menurut keterangan dari Popo Iskandar ialah hasil ungkapan emosi yang ingin dikatakan kepada orang beda dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.

Fungsi Seni
Fungsi seni dikelompokkan menjadi dua yaitu faedah individu dan faedah sosial antara lain sebagai berikut:
1. Fungsi Individu
Fungsi pribadi adalah suatu faedah seni yang berfungsi untuk keperluan pribadi pribadi itu sendiri. Terdapat dua macam faedah seni untuk pribadi yaitu sebagai berikut:

- Fungsi pemenuhan keperluan fisik
Pada hakekatnya manusia ialah makhluk homofaber yang memiliki kemampuan untuk apresiasi pada keindahan dan pemakaian benda-benda. Seni terapan memang mengacu untuk pemuasan kebutuhan jasmani sehingga segi kenyamanan menjadi sebuah hal penting.

- Fungsi pemenuhan keperluan emosional 
Seorang memiliki sifat yang pelbagai dengan insan lain. Pengalaman hidup seorang sangatlah memprovokasi sisi emosional atau perasaannya. Sebagai misal perasaan sedih, lelah, letih, gembira, iba, kasihan, benci, cinta, dll.

Manusia dapat menikmati semua tersebut dikarenakan didalam dirinya terkandung desakan emosional yang adalahsituasi kejiwaan pada setiap insan normal. Bagi memenuhi keperluan emosional insan memerlukan desakan dari luar dirinya yang sifatnya menyenangkan, memuaskan keperluan batinnya.

Sebagai misal karena pekerjaan dan kegiatan sehari-harinya menciptakan mengalami keletihan sehingga membutuhkan rekreasi, seperti menyaksikan film dibioskop, hiburan teater, dan musik. Seseorang yang mempunyai estetikanya lebih tidak sedikit maka ia mempunyai kepuasan yang lebih tidak sedikit pula.

Sedangkan seniman ialah seorang yang dapat mengapresiasikan empiris dan perasaannya dalam suatu karya seni yang diciptakannya. Hal ini juga dipercayai olehnya sebagai sarana memuaskan keperluan emosional dirinya.

2. Fungsi Sosial
Fungsi sosial adalahsuatu faedah seni yang berfungsi sebagai pemenuhan keperluan sosial sebuah individu. Terdapat sejumlah macam faedah seni sebagai faedah sosial antara beda sebagai berikut:

- Fungsi Religi/Keagamaan
Karya seni sebagai pesan religi atau keagamaan. Contohnya ialah kaligrafi, busana muslim-muslimah dan lagu-lagu rohani. Seni dipakai untuk suatu upacara pernikahan, kelahiran, dan kematian, dan lain-lainnya. Contohnya gamelan yang dipakai dalam upcara ngaben di bali (gamelan gambang, luwang, dan angklung).

- Fungsi Pendidikan
Seni sebagai media edukasi dapat disaksikan dalam musik, laksana ansambel karena dilaksanakan dengan bekerja sama, laksana halnya dengan angklung dan gamelan yang mempunyai nilai pendidikan sebab kesenian itu ada nilai sosial, kerjasama dan disiplin.

Karya-karya seni guna pelajaran/pendidikan laksana gambar ilustrasi kitab pelajaran, poster, perangkat peraga IPA, dan film ilmiah/dokumenter.

- Fungsi Komunikasi
Seni sebagai media komunikasi contohnya dalam kritik sosial, kebijakan, gagasan, untuk memperkenalkan untuk masyarakat. Contohnya pegelaran wayang kulit, wayang orang, dan seni teater maupun poster, drama komedi dan reklame.

- Fungsi Rekreasi / Hiburan
Fungsi utama seni ialah hiburan atau rekreasi guna melepas kejenuhan atau meminimalisir kesedihan yang eksklusif untuk peragaan berekpresi atau hiburan.

- Fungsi Artistik
Seni yang bermanfaat sebagai media ekspresi seniman dengan menyajikan karyanya tidak guna hal yang komersil, laksana musik kontemporer, tari kontemporer, dan seni rupa kontemporer. (Seni peragaan yang tidak dapat dinikmati pendengar/pengunjung, hanya dapat dinikmati oleh semua seniman dan komunitasnya).

- Fungsi Guna
Karya seni yang diciptakan tanpa memperhitungkan kegunaannya, kecuali sebagai media ekspresi (karya seni murni) atau juga dalam proses pembuatan mempertimbangkan aspek kegunaannya, laksana perlengkapan/peralatan lokasi tinggal tangga yang berasal dari gerabah ataupun rotan.

- Fungsi Kesehatan
Seni sebagai faedah kesehatan, seperti penyembuhan penderita gangguan physic maupun medis distimulasi melewati terapi musik (disesuaikan dengan latar belakang pasien). Terbukti musik telah dapat untuk menyembuhkan penyandang autisme, gangguan psikologis trauma sebuah kejadian.

Pada tahun siegel mengaku bahwa musik klasik menghasilkan gelombang alfa yang dapat mendinginkan dengan memicu sistem limbic jaringan neuron benak dan gamelan menurut keterangan dari Gregorian bisa mempertajam pikiran.

Jenis-jenis Seni
Seni mempunyai 5 (lima) jenis seni antara beda sebagai berikut:

1. Seni Rupa
Seni rupa ialah salah satu cabang kesenian dimana mempunyai wujud pasti/asli dan memanfaatkan bagian rupa yang diklasifikasikan atau diekspresikan ke dalam format gambar, lukisan, patung, grafis, kerajinan tangan, kriya, dan multimedia.

Seni rupa meliputi keterampilan memahami, dan berkarya lukis, keterampilan memahami dan menciptakan patung, keterampilan memahami dan berkarya grafis, keterampilan memahami dan menciptakan kerajinan tangan, serta keterampilan memahami dan berkarya atau menciptakan sarana mulltimedia.

Seni rupa sudah ada sejak dibuka zaman animisme dan dinamisme zaman sekarang. Seni rupa secara performatif mempresentasikan wujud kasat mata yang dipertimbangkan secara sinergis melewati media sebagai dasar perwujudan rupa.

2. Seni Teater
Seni teater pada dasarnya mencakup keterampilan memahami dan berkarya melewati teater yaitu keterampilan memahami dan menciptakan naskah, keterampilan memahami berperan di bidang casting, keterampilan memahami dan menciptakan setting atau tata kiat pentas panggung dan pembuatan suasananya sebagai perlengkapan tambahan dalam membidangi seni teater.

Seni teater adalah bagian dari integral kesenian bermedia ungkap suara dalam wujud pemeranan. Cara atau kiat ini lebih mengkhususkan terciptanya casting, pembawaan, diksi, intonasi, pengaturan, laring, dan faring secara konsisten.

3. Seni Musik
Unsur bunyi adalahunsur utama dari seni musik. Sedangkan bagian lain ialah bentuk harmoni, melodi, dan notasi musik adalahwujud sarana yang disajikan. Seni musik tumbuh dan berkembang semenjak zaman Renaissance sampai ketika ini. Seni musik ialah hasil ciptaan insan yang menghasilkan bunyi ritme dan harmoni yang indah untuk pendengar.

4. Seni Tari
Seni tari ialah hasil ciptaan insan yang memakai gerak tubuh sebagai sebuah keindahan. Gerak dalam tari bermanfaat sebagai media mengkomunikasikan maksud-maksud tertentu dari koreogragfer. Keindahan tari terletak pada kebahagian, kepuasaan, baik tersebut dari koreografer, peraga dan penikmat atau penonton. Seni tari mencakup tari tradisional dan tari garapan/modern.

5. Seni Sastra
Seni sastra ialah hasil daya kreasi insan yang dinikmat segi visual dan dari arti yang dimilikinya. Seni sastra mencerminkan keindahan dalam format kata-kata, baik tersebut dituliskan ataupun disuarakan.Contoh seni sastra ialah puisi, tulisan, dan kaligrafi.

Bentuk-Bentuk Seni
Suatu set nilai-nilai yang menilai apa yang pantas diantarkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk mengucapkan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan teknik seefektif barangkali untuk medium itu.

Sekalipun demikian, tidak sedikit seniman mendapat pengaruh dari orang beda masa lalu, dan juga sejumlah garis pedoman sudah hadir untuk mengungkap usulan tertentu lewat simbolisme dan format (seperti bakung yang bermakna kematian dan mawar merah yang berarti cinta).

Seni menurut keterangan dari media yang dipakai terbagi 3 yakni :

  • Seni yang bisa dinikmati melewati media pendengaran atau (audio art), contohnya seni musik,seni suara, dan seni sastra laksana puisi dan pantun
  • Seni yang dinikmati dengan media penglihatan (Visual art)) contohnya lukisan, poster,seni bangunan, seni gerak beladiri dan sebagainya.
  • Seni yang dinikmati melewati media penglihatan dan pendengaran (audio visual art) contohnya pertunjukan musik, pagelaran wayang,film


Sifat-sifat Dasar Seni

  • Kreatif, Karyanya belum pernah dibuat sebelumnya (adalahhal baru)
  • Individualistis, Karya yang dibuat menunjukan karakteristik penciptanya (jati diri pencipta)
  • Ekspresif, Karyanya mempunyai emosi yang terpancar ketika orang beda melihatnya
  • Abadi, Karya yang sudah diciptakan mempunyai sifat abadi meskipun penciptanya sudah meninggal
  • Semesta (Universal), Karyanya didedikasikan guna masyarakat sepanjang zaman

Cabang – Cabang Seni
Seiring dengan meningkatnya waktu, kebutuhan, dan pemahaman manusia, seni pun makin berkembang. Hal ini dibuntuti dengan lahirnya seni-seni baru di masyarakat. Oswald Kulpe membagi cabang – cabang seni menjadi :

1. Seni Penglihatan / Visual Art
Pada seni ini dipakai indra penglihat untuk merasakan seni. Seni penglihatan terbagi menjadi tiga, yakni seni dua dimensi, seni tiga dimensi, dan seni integral


- Seni Dua Dimensi
Seni dua dimensi tanpa gerak : seni rupa (lukis, gambar)
Seni dua dimensi dengan gerak : seni perfilman

- Seni Tiga Dimensi
Seni tiga dimensi tanpa gerak : seni ukir dan pahat
Seni tiga dimensi dengan gerak : seni tari dan pantomim

- Seni Integral
Seni yang memadukan guna permukaan dan bentuk. Misalnya arsitektur


2. Seni Pendengaran / Auditory Art
Pada seni ini dipakai indra pendengar untuk merasakan seni. Seni pendengaran dipecah menjadi tiga jenis, yakni seni nada, seni kata, dan seni interal

- Seni Nada
Musik instrumental dari perangkat tunggal : piano dan biola
Musik instrumental dari gabungan sejumlah alat musik : band dan orkestra

- Seni Kata
Puisi berirama : sajak
Puisi tidak berirama : novel dan cerpen

- Seni Integral
Seni yang memadukan nada dan kata, contohnya lagu, muikalisasi puisi, dan tembang

3. Seni Penglihatan Dan Pendengaran / Audiotory-Visual Art
Pada seni ini dipakai indra penglihat dan pendengar untuk merasakan seni. Seni pendengaran dipecah menjadi tiga jenis yakni :

  • Seni gerak dan nada : Tarian
  • Seni gerak, kata, dan pemandangan : Drama
  • Seni gerak, kata, pemandangan, dan nada : Opera

Namun cabang-cabang seni yang tidak jarang kita kenal terdiri dari lima cabang yaitu, seni rupa, seni tari/gerak, seni suara/vocal/musik, seni sastra, dan seni teater/drama.

Seni Rupa
Seni rupa adalah seni dua dimensi / tiga dimensi yang menurut kegunaannya terbagi mendai dua jenis yaitu, seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni melulu bertujuan untuk disaksikan kenindahannya, contohnya lukisan dan patung, sementara seni rupa terapan di samping keindahan dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari, contohnya meja ukir.

Unsur – bagian seni rupa diantanyanya ialah titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang. Dalam pembuatannya, seni rupa memiliki sejumlah prinsip diantaranya kesatuan, keselarasana, penekanan, irama, gradasi, proporsi, keserasian, komposisi, keseimbangan, dan aksentuasi.

Seni Tari / Gerak
Seni tari adalahseni tiga dimensi yang menurut pada gerak tubuh manusia. Tari ialah keindahan ekspresi jiwa insan yang diungkapkan dalam format gerak tubuh yang diperhalus melewati estetika. Seni tari dipecah menjadi seni tari klasik, kreasi baru, tradisional, dan modern. Kini tidak sedikit lahir seni tari kreasi baru laksana break dance, capoera, shuffle, dan beda lain.

Unsur – bagian tari dipecah menjadi dua yaitu, kesatu bagian keindahan tari diantaranya gerak, iringan internal-eksternal, tata rias dan busana, tema, lokasi dan panggung. Kedua unsur evaluasi tari diantanya wiraga, wieama, dan wirasa.

Seni Suara / Vocal / Musik
Seni musik adalahcabang seni yang memakai media bunyi sebagai sarana pengungkapan ekspresi senimannya. Kata musik dalam Bahasa Indonesia ialah terjemahan dari Bahasa Inggris music atau Bahasa Belanda muziek.

Berdasarkan keterangan dari para berpengalaman sejarah, kata musik berasal dari sekumpulan nama dewi kesenian bangsa Yunani Purba, yakni musae. Musik pula terbagi menjadi tidak sedikit jenis, diantanya musik klasik, tradisional, kasidah, blues, jazz, rock, pop, dan R&B.

Unsur – bagian dalam seni musik terdiri dari dua unsur, yakni vocal dan instrumen. Vokal ialah alunan nada-nada yang terbit dari suara insan sendankan instrumen ialah nada-nada yang keluara dari perangkat musik yang digunakan.

Seni Sastra
Seni sastra merupak seni yang bermunculan dari usulan / gagasan manusia yang ditunagkan dalam format tulisan. Dalam kamus besar berbahasa Indonesia, Sastra berarti mengarahkan, mengajar, menyerahkan petunjuk, atau instruksi.

Sedangkan Fananie menuliskan bahwa sastra ialah karya seni yang adalahekspresi kehidupan. Macam-macam seni sastra diantaranya ialah puisi, cerpen, pantun, prosa, sajak, novel, dll.

Unsur-unsur sastra terdiri dari pikiran, perasaan, pengalaman, ide-de, semangat, kepercayaan, dan ekspresi. Seni sastra menonjolkan pemilihan bahasa yang dipakai untuk mengungkapkan maksud si penulis.

Seni Teater / Drama
Seni teater adalahseni yang sangat kompleks, sebab dalam visualisasinya ia menggabungkan cabang seni lainnya. Macam-macam teater diantaranya teater lama, komedi, baru, dan sendratasik (seni darama dan musik).

Unsur-unsur teater diantaranya ialah naskah/skenario, pemain, sutradara, properti, penataan, dan penonton.

Tujuan Seni
Tentunya yang mesti dicerna bahwa kehadiran seni mempunyai tujuan tertentu dimana memang dulunya seni dipakai untuk mengucapkan informasi laksana gambar-gambar yang tercantum di dinding goa yang mengindikasikan kehidupan insan purba, lantas kehadiran seni tidak jarang kali dihubungkan dalam masing-masing ritual.

sampai-sampai dijadikan ajang guna pemujaan antara alam dan makhluknya sampai-sampai seni bersangkutan dengan urusan yang magic. Namun di zaman yang semakin pesat, kesudahannya seni mengolah nilai fungsinya.

Jika Ada Yang Ingin Request Atau Ditanyakan Seputar Pengertian, Arti, Definisi, Sejarah, Penafsiran, Pemahaman, deskripsi, Maupun Makna, Dan Bisa Dibuat Sebagai Bahan Makalah Atau Laporan..Silahkan Komentar Dibawah Atau Bisa Mengirim Kami Request Lewat Contact Form.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close