Kamis, November 02, 2017

Pengertian Bela Negara, Dasar Hukum Bela Negara, Unsur Dasar Bela Negara, Contoh-Contoh Bela Negara, Tujuan Dan Fungsi bela Negara Serta Manfaat Bela Negara.

Bela negara ialah sikap, tekad dan pun perilaku penduduk negara yang dilaksanakan secara menyeluruh, tertata serta terpadu dan pun dijiwai oleh kerinduan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menurut Pancasila dan UUD 1945 untuk memastikan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Bela negara ialah sebuah konsep yang dibentuk oleh perlengkapan perundangan dan petinggi sebuah negara mengenai patriotisme seseorang, suatu kumpulan atau semua komponen dari sebuah negara dalam kepentingan mempertahankan keberadaan negara tersebut.

Secara fisik, urusan ini dapat ditafsirkan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan jasmani atau agresi dari pihak yang mengancam eksistensi negara tersebut, sementara secara non-fisik konsep ini ditafsirkan sebagai upaya guna serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melewati pendidikan, moral, sosial maupun penambahan kesejahteraan orang-orang yang merangkai bangsa tersebut.

Pengertian Bela Negara

Landasan konsep bela negara ialah adanya mesti militer. Subyek dari konsep ini ialah tentara atau perlengkapan pertahanan negara lainnya, baik sebagai kegiatan yang dipilih atau sebagai dampak dari rancangan tanpa sadar (wajib militer).

Beberapa negara (misalnya Israel, Iran) dan Singapura memberlakukan mesti militer untuk warga yang mengisi syarat (kecuali dengan pengecualian untuk dalil tertentu laksana gangguan fisik, mental atau kepercayaan keagamaan).

Sebuah bangsa dengan relawan sepenuhnya militer, seringkali tidak membutuhkan layanan dari mesti militer warganya, kecuali dihadapkan dengan krisis perekrutan sekitar masa perang.

Di sejumlah negara, laksana Amerika Serikat, Jerman, Spanyol dan Inggris, bela negara dilakukan pelatihan militer, seringkali satu akhir pekan dalam sebulan. Mereka bisa melakukannya sebagai pribadi atau sebagai anggota resimen, contohnya Tentara Teritorial Britania Raya.

Dalam sejumlah kasus milisi dapat adalahbagian dari pasukan cadangan militer, laksana Amerika Serikat National Guard.Di negara lain, laksana Republik China (Taiwan), Republik Korea, dan Israel, mesti untuk sejumlah tahun sesudah seseorang menuntaskan dinas nasional.

Sebuah pasukan cadangan militer bertolak belakang dari pembentukan cadangan, kadang-kadang dinamakan sebagai cadangan militer, yang merupakan kumpulan atau unit personel militer tidak berkomitmen untuk peperangan oleh komandan mereka sampai-sampai mereka terdapat untuk menangani kondisi tak terduga, memperkuat pertahanan negara.

Dasar Hukum Bela Negara
Dasar hukum tentang bela negara ada dalam isi UUD 1945, yakni:

  • Pasal 27 ayat (3) yang mengaku bahwa seluruh warga negara berhak dan mesti ikut serta dalam upaya pembelaan negara.
  • Pasal 30 ayat (1) yang mengaku bahwa tiap-tiap penduduk negara berhak dan mesti ikut serta dalam usaha pertahanan dan ketenteraman negara.

Bela Negara Indonesia
Bela negara ialah sikap dan perilaku penduduk negara yang dijiwai oleh kecintaannya untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menurut Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Peran urgen Bela Negara bisa dikuak secara lebih bening dan mendalam melewati perspektif pertahanan. Keutuhan distrik Indonesia, beserta semua sumber daya, kedaulatan dan kemerdekaannya, tidak jarang kali terancam oleh agresi asing dari luar dan pergolakan bersenjata dari dalam.

Kalau ancaman ini menjadi nyata dan Indonesia tidak siap, semuanya dapat kembali ke titik nol. Antisipasi semua pendiri bangsa tertera dalam di antara poin destinasi nasional yakni “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan semua tumpah darah Indonesia”.

Pernyataan ini menjadi dasar dari destinasi pertahanan. Ia tidak berdiri sendiri namun berbagi ruang dengan tujuan ketenteraman atau ketertiban sipil dan bersebelahan 3 (tiga) destinasi lainnya, yakni destinasi kesejahteraan (memajukan kesejahteraan umum), destinasi keadaban (mencerdaskan kehidupan bangsa) dan destinasi kedamaian (berpartisipasi aktif dalam perdamaian dunia yang adil dan abadi).

Tiap-tiap penduduk negara berhak dan mesti ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan Syarat-syarat mengenai pembelaan ditata dengan undang-undang.

Kesadaran bela negara tersebut hakikatnya keikhlasan berbakti pada negara dan keikhlasan berkorban membela negara. Spektrum bela negara tersebut sangat luas, dari yang sangat halus, sampai yang sangat keras.

Mulai dari hubungan baik sesama penduduk negara hingga bersama-sama mencegah ancaman nyata musuh bersenjata.Tercakup di dalamnya ialah bersikap dan melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Unsur Dasar Bela Negara

  1. Cinta Tanah Air
  2. Kesadaran Berbangsa & bernegara
  3. Yakin bakal Pancasila sebagai ideologi negara
  4. Rela berkorban guna bangsa & negara
  5. Memiliki kemampuan mula bela negara

Contoh-Contoh Bela Negara :

  1. Melestarikan budaya
  2. Belajar dengan rajin untuk para pelajar
  3. Taat bakal hukum dan aturan-aturan negara
  4. Mencintai produk-produk dalam negeri

Pemerintah Indonesia ketika ini menjalankan program pelatihan Bela Negara yang terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat. Pada tanggal 22 Oktober 2015, Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu meresmikan pendahuluan program bela negara.

Program itu dimaksudkan guna memperteguh kepercayaan menurut 5 unsur itu di atas, dan program ini bukanlah sebuah format wajib militer.

Fungsi dan Tujuan Bela Negara
Bela negara memiliki faedah dan destinasi sebagai berikut:

1. Tujuan Bela Negara

  • Menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
  • Menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara
  • Melestarikan budaya.
  • Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan pun negara.
  • Berbuat yang terbaik untuk bangsa dan pun negara.

2. Fungsi Bela Negara

  • Merupakan keharusan setiap penduduk negara.
  • Mempertahankan Negara dari sekian banyak  ancaman.
  • Merupakan panggilan sejarah.
  • Menjaga keutuhan distrik negara.

Manfaat Bela Negara

  • Bela negara memiliki pelbagai manfaat, baik untuk individu setiap warga negara ataupun untuk negara tersebut sendiri. Berikut ialah sejumlah contoh guna bela negara:
  • Menanamkan rasa kerinduan pada Bangsa dan Patriotisme cocok dengan keterampilan masing-masing.
  • Membentuk Iman dan Taqwa pada setiap Agama.
  • Melatih jiwa kepemimpinan dalam memimpin diri sendiri ataupun kelompok.
  • Menghilangkan sikap negatif, contohnya malas, apatis, boros, egois, dan tidak disiplin.
  • Membentuk sikap disiplin bakal waktu, aktivitas, dan pun pengaturan pekerjaan lain.
  • Membentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, serta kepedulian antar sesama.
  • Membentuk jiwa kebersamaan serta solidaritas antar sesama teman seperjuangan.
  • Membentuk mental dan juga jasmani yang tangguh.
  • Berbakti pada orang tua, bangsa, dan agama.
  • Melatih kecepatan, ketepatan, ketangkasan pribadi dalam melaksanakan pelbagai kegiatan.
Jika Ada Yang Ingin Request Atau Ditanyakan Seputar Pengertian, Arti, Definisi, Penjelasan, Penafsiran, Pemahaman, deskripsi, Maupun Makna, Dan Bisa Dibuat Sebagai Bahan Makalah Atau Laporan..Silahkan Komentar Dibawah Atau Bisa Mengirim Kami Request Lewat Contact Form.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close