Kamis, November 02, 2017

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli, Faktor-Faktor Globalisasi, Dampak Globalisasi Dan Pengaruh Globalisasi

Kata Globalisasi berasal dari bahasa inggris yakni Globalization, yaitu campuran dari kata global yang berarti mendunia dan lization yang berarti proses. Definisi globalisasi secara umum dan para berpengalaman berbeda-beda, sebagai berikut penjelasan definisi globalisasi, penyebab globalisasi, dan juga akibat yang dimunculkan oleh globalisasi.

Globalisasi dapat diartikan menjadi sebuah proses dimana pada batas-batas didalam sebuah negara akan meningkat sempit sebab terdapat fasilitas didalam mengerjakan interaksi antar negara di bidang perdagangan, informasi, gaya hidup dan dalam format interaksi yang lainnya.

Pengertian Globalisasi

Globalisasi juga dapat diartikan menjadi sebuah proses dimana didalam kehidupan sehari-hari, ide-ide dan informasi bakal menjadi tolak ukur standar pada semua dunia. Proses itu itu disebabkan karena berkembang pesatnya teknologi komunikasi, informasi dan transportasi dan kegiatan ekonomi yang telah menginjak pasar dunia.

Pengertian Globalisasi Berdasarkan keterangan dari Wikipedia
Globalisasi ialah proses integrasi internasional yang terjadi sebab pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya.Kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, tergolong kemunculan telegraf dan Internet, merupakan hal utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (interdependensi) kegiatan ekonomi dan budaya.

Meski sebanyak pihak mengaku bahwa globalisasi bermula di era modern, sejumlah pakar lainnya melacak sejarah globalisasi hingga sebelum zaman penemuan Eropa dan pelayaran ke Dunia Baru. Ada pula pakar yang menulis terjadinya globalisasi pada milenium ketiga sebelum Masehi. Pada akhir abad ke-19 dan mula abad ke-20, keterhubungan ekonomi dan kebiasaan dunia dilangsungkan sangat cepat.

Istilah globalisasi kian sering dipakai sejak pertengahan tahun 1980-an dan lebih tidak jarang lagi semenjak pertengahan 1990-an.Pada tahun 2000, Dana Moneter Internasional (IMF) mengidentifikasi empat aspek dasar globalisasi: perniagaan dan transaksi, pergerakan modal dan investasi, migrasi dan eksodus manusia, dan pembebasan ilmu pengetahuan.

Di samping itu, tantangan-tantangan lingkungan seperti evolusi iklim, polusi air dan udara lintas perbatasan, dan pemancingan berlebihan dari lautan pun ada hubungannya dengan globalisasi.Proses globalisasi memengaruhi dan diprovokasi oleh bisnis dan tata kerja, ekonomi, sumber daya sosial-budaya, dan lingkungan alam.

Dari sejumlah latar belakang diatas ada beberapa berpengalaman yang berupaya menafsirkan pengertian globalisasi, berikut sejumlah informasi tentang pengertian globalisasi, pengaruh dan akibat globalisasi:

Pengertian Globalisasi Secara Umum
Definisi Globalisasi ialah suatu proses yang lengkap atau mendunia dimana masing-masing orang tidak terbelenggu oleh negara atau batas-batas wilayah, dengan kata lain setiap pribadi dapat terhubung dan saling bertukar informasi dimanapun dan kapanpun melewati media elektronik maupun cetak.

Pengertian globalisasi menurut keterangan dari bahasa yaitu sebuah proses yang mendunia. Globalisasi bisa menjadikan sebuah negara lebih kecil sebab kemudahan komunikasi antarnegara dalam sekian banyak  bidang laksana pertukaran informasi dan perdagangan.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

1. Pengertian Globalisasi Menurut Laurence E. Rothernberg 
menuliskan globalisasi merupakan percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.

2. Pengertian Globalisasi Menurut Anthony Giddens 
menuliskan bahwa globalisasi ialah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sampai-sampai menghubungkan antara kejadian yang terjadi dilokasi yang satu dengan yang lainnya serta mengakibatkan terjadinya evolusi pada keduanya.

3. Pengertian Globalisasi Menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan 
menuliskan lobalisasi ialah proses yang mencakup penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural pekerjaan manusia dan non-manusia.

4. Pengertian Globalisasi Menurut Emanuel Ritcher 
menuliskan globalisasi ialah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

5. Pengertian Globalisasi Menurut Martin Albrow 
menuliskan globalisasi ialah seluruh proses warga yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.

6. Pengertian Globalisasi Menurut Malcom Waters 
menuliskan globalisasi ialah sebuah proses sosial yang berdampak bahwa pembatasan geografis pada suasana sosial kebiasaan menjadi tidak cukup penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.

7. Pengertian Globalisasi Menurut Selo Soemardjan 
menuliskan globalisasi adalahsebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di semua dunia untuk mengekor sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

8. Pengertian Globalisasi Menurut Achmad Suparman
menuliskan globalisasi yaitu sebuah proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap pribadi di dunia tanpa diberi batas oleh wilayah.

Pengaruh Globalisasi
1. Pengaruh globalisasi pada bidang ekonomi
Terdapat pasar bebas dimana ada sekian banyak  macam produk yang terdapat pada sebuah negara tersebut dipasarkan dengan bebas untuk negara beda tanpa diambil pajak sampai-sampai akan tidak sedikit produk asing yang bisa masuk didalam negara kita.

2. Pengaruh globalisasi pada bidang politik
Adapun pengaruh globalisasi dibidang politik dimana semakin besarnya pengaruh dari sistem demokrasi yang ada di masyarakat sehingga dapat berturut aktif untuk menyelenggarakan kehidupan bersama, menghargai sesama individu dari sisi hak dan kewajiban, dan lebih memuliakan hak asasi manusia.

3. Pengaruh globalisasi pada bidang budaya.
Pengaruh globalisasi di bidang kebiasaan dimana semakin besarnya pengaruh dari kebudayaan asing yang sudah menyentuh pada masing-masing lapisan masyarakat dan seluruh orang, laksana adanya suatu evolusi dari pola perilaku guna tata teknik berpakaian dan berbahasa karena adanya pengaruh dari musik dan film yang ada dari negara lain, laksana korea

4. Pengaruh globalisasi pada bidang sosial
Pengaruh globalisasi di bidang sosial dimana lahirnya sebuah kesadaran global sehingga insan akan selalu menikmati untuk menggantungkan diri dan terus saling membutuhkan.

5. Pengaruh globalisasi pada bidang ekologi
Pengaruh globalisasi dibidang ekologi dimana semakin bertambahnya suatu keperluan manusia yang berasal dari sumber daya alam sampai-sampai akan terus melakukan kegiatan eksplotasi dengan teknik berlebihan.

Faktor-faktor Penyebab Globalisasi 
  • Perkembangan teknologi informasi komunikasi yang berperan untuk fasilitas dalam transaksi ekonomi antar negara.
  • Kerja sama ekonomi Internasional yang mempermudah terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara yang terjalin dengan erat.
  • Majunya ilmu pengetahuan pada teknologi transportasi yang memudahkan dalam jasa transport dan ekspedisi barang terbit negeri.
Dampak Globalisasi
Dampak Positif Globalisasi
  1. Pembangunan semakin banyak
  2. Semakin cepat dan mudahnya komunikasi.
  3. Peningkatan pada ekonomi menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien
  4. Turisme dan pariwisata meningkat
  5. Informasi dan ilmu pengetahuan gampang didapatkan.
  6. Taraf hidup dari masyarakat meningkat.
  7. Memacu menambah kualitas diri.
  8. Kemudahan dalam transportasi.

Dampak Negatif Globalisasi
  • Sikap solidaritas atau kepedulian, gotong royong, kesetiakawanan berkurang.
  • Kreativitas menurun karena pribadi kebanyakan bersikap konsumtif.
  • Budaya atau adat bangsa bakal terkikis.
  • Informasi tidak terkendali dan tidak tersaring.
  • Perusahaan domestik akan kalah saing dengan perusahaan luar negeri, urusan ini menyebabkan perusahaan domestik sulit berkembang.
  • Perilaku dan sikap buruk tidak sedikit bermunculan.
  • Tenaga tani berkurang.
  • Sikap ala kebarat-baratan menjadi gaya hidup dan gampang terkontaminasi.
  • Munculnya sikap individualisme.
Jika Ada Yang Ingin Request Atau Ditanyakan Seputar Pengertian, Arti, Definisi, Sejarah, Penafsiran, Pemahaman, deskripsi, Maupun Makna, Dan Bisa Dibuat Sebagai Bahan Makalah Atau Laporan..Silahkan Komentar Dibawah Atau Bisa Mengirim Kami Request Lewat Contact Form.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close