Rabu, Oktober 25, 2017

Pengertian 2G, 3G, Dan 4G

alfabet  “G” pada setiap penamaan di atas merujuk di generasi, hal ini berarti bahwa 1G berarti Generasi pertama, 2G generasi kedua, dan  selajutnya. Pasti pembaca Bertanya-tanya, “generasi berasal apa?”.

poly asal blog yang hanya menyebutkan bahwa 1G, 2G, 3G adalah urutan dari generasi, akan tetapi tidak menjelaskan generasi dari apa. yang dimaksud dengan generasi disini merupakan generasi dari teknologi layanan data serta komunikasi wireless, khususnya buat mobile phone.

dari masa ke masa, teknologi komunikasi wireless ini mengalami perkembangan. Maka bisa dipastikan bahwa semakin akbar angkanya semakin sophisticated jua teknologinya serta semakin poly kemudahan yg kita peroleh.

Pengertian 1G, 2G, 3G, Dan 4G

perbedaan yang paling fundamental diantara generasi-generasi tadi artinya dalam hal kecepatan unduh data. Dimana pada 1G kecepatan unduh hanya berkisar antara 9,6 kbps sedangkan di 3,5 G mencapai 10 Mbps.

1. Pengertian 1G (Generasi Pertama)

HP generasi pertama
         Jaringan 1G pertamakali ditemukan pada tahun 1980 ketika AMPS di Amerika berafiliasi menggunakan TACS serta NMT pada Eropa membentuk terobosan pada teknologi jaringan. 1G ini merupakan baku baru asal teknologi jaringan.

Zaman dimana campur tangan manusia telah tidak terlalu diperlukan semuanya sahih benar sudah otomatis serta menggunakan bentuk yang mungil tentunya. sebab ini merupakan ponsel generasi pertama mereka membuatnya sangat berfokus mereka membuat ponsel yg bertenaga dan  handal yang akhirnya beredar ke semua global.

2. Pengertian 2G (Generasi ke 2)
pada athun baru 90-an buat pertama kalinya muncul teknologi jaringan seluler digital. yang hampir mampu dipastikan memiliki poly kelebihan dibandingkan dengan teknologi jaringan analog (1G) seperti suara lebih jernih, keamanan lebih terjaga dan  kapaistas yang lebih besar .

GSM ada terlebih dahulu pada Eropa sementara Amerika mengandalkan D-AMPS dan  Quallcomm CDMA pertama mereka. kedua sistem ini (GSM serta CDMA) mewakili generasi ke 2 (2G) asal teknlogi jaringan nirkabel.

Baca Juga : Pengertian Seni Musik : Menurut Para Ahli Dan Awal Mula Seni Musik

Generasi ke 2 memiliki mempunyai fitur CSD sebagai akibatnya transfer data lebih cepat menggunakan kecepatan sekitar 14.4 kbps. pada generasi 2G ini pemilik juga bisa mengirimkan pesan teks melaui handphone sebagai akibatnya tak memerlukan pager lagi.

akan tetapi Fitur CSD ini membentuk Tagihan bualanan membengkak sebab Jika ingin terhubung ke internet wajib  memakai dialup yg dihitung permenit.

3. Pengertian 2.5G
         GPRS (The General Packet Radio Service) – 2.5G – ialah terobosan teranyar di generasi ke dua ini, lahir pada memahami 1997 GPRS dengan sigap menggantikan CSD yg boros. menggunakan GPRS mampu dipastikanbahwa pengguna akan “Always on”.

Pengguna bisa terhubung ke internet dimana saja dan  kapan saja. Secara teori kecepatan GPRS bisa mencapai 115 kbps walau kenyataan kini   berkata lain. GPRS jua membuat pengguna lebih irit sebab hitungannya menjadi per kilobyte bukan lagi permenit mirip CSD. Fasilitas yang diberikan sang GPRS antara lain e-mail, mms, browsing, dan   internet.

4. Pengertian 2.75 G
Antara tahun 2001 hingga 2003, EVDO Rev 0 pada CDMA2000 serta UMTS pada GSM pertama yg ialah cikal bakal berasal 3G mulai diperkenalkan. akan tetapi ini bukan berarti GPRS sudah mangkat . Justru saat ada EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution).

ini dibutuhkan akan menjadi pengganti GPRS yg baik, karena tidak perlu mengupgrade hardware secara ekstrem dan  tidak terlalu poly mengeluarkan porto. dengan EDGE pengguna telah bisa mencicipi kecepatan dua kali lebih cepat daripada GPRS tapi permanen saja masih kurang cepat asal 3G.

Pengertian Edge
EDGE (Enhanced Data for global Evolution) : teknologi perkembangan dari GSM, rata-homogen memiliki kecepatan 3kali asal kecepatan GPRS. Kecepatan akses EDGE secara teori lebih kurang 384kbps.

Fasilitas yg disediakan EDGE sama seperti GPRS. Beberapa sumber menyebutkan bahwa EDGE ini termasuk ke pada dua.75 G, sehingga ia ialah peralihan dari 2G ke 3G.
3G (Generasi Ketiga)

5. Pengertian 3G (UMTS)
UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) adalah perkembangan lebih lanjut berasal EDGE. UMTS acapkali dianggap generasi ke tiga (3G). Selain menyediakan fasilitas akses internet (e-mail, mms, serta browsing), UMTS pula menyediakan fasilitas video streaming, video conference, dan  video calling). Secara teori kecepatan akses UMTS lebih kurang 480kbps.

6. Pengertian 3.5G(HSDPA)
HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) merupakan perkembangan akses data selanjutnya dari 3G. HSDPA tak jarang disebut menggunakan generasi 3.lima (3.5G) sebab HSDPA masih berjalan pada platform 3G. Secara teori kecepatan akses data HSDPA sama mirip 480kbps, akan tetapi pastinya HSDPA lebih cepat.

sesudah beberapa tahun, CDMA 2000 mengupgrade teknologi jaringan evdo mereka. menjadi EVDO rev A. teknologi ini memiliki kecepatan 10 kali lebih cepat berasal evdo rev 0. juga UMTS yg menguprade teknologi mereka ke HSDPA serta HSUPA. inilah yg dinamakan 3.5G.

7. Pengertian 4G (Generasi Keempat)
4G ialah singkatan berasal kata pada bahasa Inggris: fourth-generation technology. kata ini umumnya digunakan mengacu pada pengembangan teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan berasal teknologi 3G. Nama resmi asal teknologi 4G ini berdasarkan IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) merupakan “3G and beyond”.

4G yang digadang gadang 500 kali lebih cepat daripada CDMA2000 dapat menyampaikan kecepatan sampai 1Gbps Bila anda di tempat tinggal   atau 100Mbps saat perjalanan. bisa dibayangkan betapa cepatnya akses data yg kita dapatkan, dapat dipastikan bahwa teknologi komunikasi generasi keempat ini semakin memperkecil dunia.

Baca Juga : Pengertian 2 Dimensi Dan 3 Dimensi Serta Karakteristiknya

Selain itu ini ialah salahsatu solusi yg paling efektif buat jaringan internet dipedasaan karena lebih baik menanam 1 menara 4G buat ber mil-mil jauhnya, daripada menggunakan menyelimuti sawah-sawah dengan kabel fiber optik.

Sistem 4G akan bisa menyediakan solusi IP yg komprehensif dimana suara, data, serta arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan  dimana saja, pada homogen-rata data lebih tinggi berasal generasi sebelumnya. Belum terdapat definisi formal buat 4G. Bagaimanapun, ada beberapa pendapat yg ditujukan buat 4G, yakni: 4G akan adalah sistem berbasis IP terintegrasi penuh.

4G akan memperlihatkan segala jenis layanan menggunakan harga yg terjangkau. Setiap handset 4G akan pribadi mempunyai angka IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telephon yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP).

Perusahaan telekomunikasi dan  operator seluler di negara maju sedang gencar menawarkan layanan jaringan nirkabel LTE. Begitupun Produsen perangkat mobile, makin ulet  memberikan produk yg mendukung jaringan LTE.

LTE disebut-sebut menjadi jaringan nirkabel tercepat waktu ini, sebagai penerus jaringan 3G. LTE bahkan disebut sebagai jaringan nirkabel yang paling cepat pertumbuhannya.

Jaringan LTE hingga saat ini belum tersedia di Indonesia. sebagai akibatnya, tidak sedikit rakyat yg belum mengetahui apa itu LTE.

Long Term Evolution, atau LTE, ialah baku baru buat meningkatkan kapasitas serta kecepatan jaringan waktu ini. LTE menggunakan radio yang tidak sinkron, namun permanen memakai dasar jaringan GSM / EDGE serta UMTS / HSPA. LTE acapkali disebut menggunakan kata 4G (generasi keempat), buat membedakannya menggunakan jaringan 3G.

LTE pertama kali diadopsi sang operator seluler TeliaSonera di Stockholm dan  Oslo pada 14 Desember 2009.

Kecepatan LTE

Kecepatan maksimum LTE mampu mencapai 299.6Mbps untuk mengunduh dan  75.4Mbps buat mengunggah. tetapi, operator seluler yg telah menyediakan jaringan ini, masih membatasi kapasitas serta kecepatan buat pelanggannya. Pemerintahan di suatu negara jua punya cara yg tidak sama mengatur pengalokasian rentang pita frekuensi.

Mengapa frekuensi LTE berbeda pada setiap negara?

pada dasarnya LTE bisa berjalan pada seluruh frekuensi. namun, penyelenggaraan jaringan LTE pada setiap negara, bisa jadi berada pada spektrum frekuensi yang tidak sinkron. Hal ini ditimbulkan sang ketersediaan spektrum frekuensi yang diatur sang pemerintah dan  operator seluler yg menerima lisensi LTE.

Selain itu, beberapa frekuensi juga sudah digunakan buat layanan lain. di Indonesia misalnya, frekuensi 700MHz digunakan buat siaran TV analog, dan  frekuensi dua.600MHz, digunakan buat layanan televisi satelit berlangganan.

Ini menjadi keliru satu alasan, mengapa frekuensi LTE di setiap negara bisa jadi tidak sama. sebagai akibatnya, negara dan  operator seluler menentukan untuk menyelenggarakan LTE di frekuensi yang tersedia.

Frekuensi yang awam dipergunakan untuk LTE

pada Asia, frekuensi 1.800 MHz dan  2.600 MHz sebagai frekuensi yg umum  dipergunakan buat penyelenggaraan LTE. Frekuensi ini dipergunakan sang Singapura, Hong Kong, Korea Selatan dan  beberapa negara Eropa.

pada Jepang serta Amerika serikat, LTE berjalan pada frekuensi 700MHz atau dua.100MHz.

Sekedar catatan, beberapa negara jua memakai frekuensi 800MHz dan  850MHz untuk LTE.

Smartphone LTE belum bisa digunakan secara dunia

sering dijumpai sebuah smartphone atau tablet LTE tak dapat mengaktifkan jaringan LTE-nya di suatu negara.

Tablet iPad generasi 3 contohnya, tidak dapat menjalankan LTE pada Australia. Hal ini disebabkan cip antena radio di iPad generasi 3 tidak mendukung jaringan LTE pada frekuensi tertentu.

tak hanya iPad, Apple jua menghasilkan iPhone 5 model GSM pada dua versi dukungan frekuensi LTE.

Pertama, iPhone lima (GSM) contoh A1429 yg mendukung jaringan LTE di frekuensi dua.100MHz, 1800Hmz, dan  850MHz. namun, ia tidak mendukung LTE di frekuensi 700MHz.

ke 2, iPhone 5 (GSM) model A1428 mendukung jaringan LTE pada frekuensi 700MHz. Nampaknya, Apple akan mengirimkan iPhone lima model ini buat Amerika perkumpulan dan  Kanada saja.

tetapi, seiring banyaknya operator seluler yang menyediakan jaringan LTE, tidak menutup kemungkinan para Produsen smartphone dan  tablet akan membekali cip radio universal buat produknya agar mendukung jaringan LTE di semua frekuensi.

biaya  masih mahal

Harga berlangganan layanan LTE waktu ini memang cukup lebih mahal. wajar saja, LTE memberi kecepatan akses data yang lebih cepat ketimbang 3G.

tak sedikit pelanggan LTE di negara maju, yg sangat memperhatikan penggunaan kapasitas data yang sudah mereka gunakan agar tagihan kartu seluler mereka tidak membengkak.

Perbedaan 3G dan  4G

Perjalanan Generasi :

  • 1G – Original analog cellular for voice (AMPS, NMT, TACS) 14.4 kbps
  • 2G – Digital narrowband circuit data (GSM,TDMA, CDMA) 9-14.4 kbps
  • 2.5G – Packet data onto a 2G network (GPRS, EDGE) 20-40 kpbs
  • 3G – Digital broadband packet data (CDMA, EV-DO, UMTS, EDGE) 500-700 kbps
  • 3.5G – Replacement for EDGE is HSPA 1-3 mbps and HSDPA up to 7.2Mbps
  • 4G – Digital broadband packet data all IP (Wi-Fi, WIMAX, LTE) 3-lima mbps
  • 5G – Gigabit per second in a few years (?) 1+ gbps

Perkembangan teknologi nirkabel bisa dirangkum sebagai berikut :
Generasi pertama : hampir seluruh sistem pada generasi ini artinya sistem analog dengan kecepatan rendah (low-speed) serta bunyi menjadi objek utama. contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan  AMPS (Analog Mobile Phone System).

Generasi ke 2 : dijadikan baku komersial dengan format digital, kecepatan rendah – menengah. contoh: GSM serta CDMA2000 1xRTT. Antara generasi ke 2 serta generasi ketiga, tak jarang disisipkan Generasi 2,5 yaitu digital, kecepatan menengah (sampai 150 Kbps).

Teknologi yg masuk kategori 2,5 G artinya layanan berbasis data mirip GPRS (General Packet Radio Service) dan  EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) di domain GSM dan  PDN (Packet Data Network) di domain CDMA.

Generasi ketiga : digital, bisa mentransfer data dengan kecepatan tinggi (high-speed) serta software multimedia, buat pita lebar (broadband). contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) serta CDMA2000 1xEV-DO.

Generasi keempat: 4G artinya pengembangan asal teknologi 3G dimana kecepatan transfer dapenasaran dipastikan lebih cepat dibanding 3G.

Jika Ada Yang Ingin Request Atau Ditanyakan Seputar Pengertian, Arti, Definisi, Penjelasan, Penafsiran, Pemahaman, deskripsi, Maupun Makna.Silahkan Komentar Dibawah Atau Bisa Mengirim Kami Request Lewat Contact Form.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close