Minggu, Oktober 29, 2017

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Dan Pakar Serta Fungsi Dan Juga Macam-macam Manajemen

Manajemen ialah seni menuntaskan pekerjaan melewati orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas menata dan menunjukkan orang beda untuk menjangkau tujuan organisasi.

Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk menjangkau sasaran secara efektif dan efesien.

Pengertian Manajemen

Efektif berarti bahwa destinasi dapat dijangkau sesuai dengan perencanaan, sementara tepat guna berarti bahwa tugas yang ada dilakukan secara benar, terorganisir, dan cocok dengan jadwal. Manajemen belum memiliki pengertian yang mapan dan diterima secara universal.

Pengertian manajemen ialah sebuah proses yang dilaksanakan untuk menjangkau sebuah tujuan sebuah organisasi dengan teknik bekerja dalam team

Karena, ibarat kita hendak membangun lokasi tinggal otomatis anda harus membina pondasinya terlebih dahulu. Artinya, supaya basic anda kuat mengenai manajemen, sampai-sampai akan lebih gampang untuk menerima pelajaran yang lain.

Manajemen merupakan sebuah seni untuk menata sesuatu, baik orang ataupun pekerjaan. Pengertian manajemen ialah sebuah proses yang dilaksanakan untuk menjangkau sebuah tujuan sebuah organisasi dengan teknik bekerja dalam team. Dalam suatu penerapannya manajemen mempunyai subyek dan obyek. Subyek ialah orang yang menata sedangkan obyek ialah yang diatur.

Manajemen ialah ilmu yang paling luas, bahkan belum jelas asal-usul ilmu ini mulai ada. Karena ilmu manajemen ialah ilmu yang sangat bermanfaat bukan melulu dalam ilmu bisnis tetapi pun dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Manajemen Secara Etimologi
Secara bahasa atau etimologi manajemen disadur dari bahasa Perancis Kuno yakni ménagement yang artinya ialah seni mengemban serta mengatur. Dari asal usul katanya saja telah dapat anda terka bahwa sebetulnya manajemen ialah sebuah seni. Mengapa seni? Simple, karena andai kita sudah menginjak dunia manajemen maka anda akan mengejar keindahannya. Bukankah seni tersebut indah?

Lalu dimana letak keindahannya? Memang, seni tersebut relatif. Tapi anda mempunyai asumsi yang sama bahwa apapun yang teratur, rapi, dan terstruktur tersebut indah. Sebagai misal sederhananya saja ialah ranting pohon.

Ranting pohon tersebut menjalar tumbuh tidak teratur, namun ketidak teraturannya tersebut teratur sampai-sampai tercipta sebuah keindahan. Contoh lainnya ialah corak batik. Kebanyakan corak batik tersebut “hanya” laksana goresan gambar yang tak berpola. Tetapi, ketidak teraturan dalam corak batik tersebut teratur sampai-sampai terbentuklah sebuah keindahan atau “seni”.

Lalu apa hubungannya dengan manajemen? Ingat pengertian diatas, manajemen tersebut bertujuan guna mengatur. Logikanya manajemen terdapat untuk menata sesuatu yang belum teratur. Ataupun menggali keteraturan dalam sebuah ketidak teraturan sampai-sampai terciptanya suatu pola yang baru.

Pengertian Manajemen Menurut dari Para Ahli
Pengertian manajemen menurut keterangan dari para ahli ialah definisi yang diajukan oleh orang-orang berpengalaman dalam ilmu manajemen sebagai landasan untuk kita untuk mengetahui seperti apa kandungan dari ilmu tersebut.

Pengertian Manajemen Menurut Mary Parker Follet,
mendefinisikan manajemen sebagai seni menuntaskan pekerjaan melewati orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas menata dan menunjukkan orang beda untuk menjangkau tujuan organisasi.

Pengertian Manajemen Menurut Ricky W. Griffin 
mendefinisikan manajemen sebagai suatu proses perencanaan,  pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk menjangkau sasaran (goals) secara efektif dan efesien.

Efektif berarti bahwa destinasi dapat dijangkau sesuai dengan  perencanaan, sementara tepat guna berarti bahwa tugas yang ada dilakukan secara benar, terorganisir, dan cocok dengan jadwal.

Pengertian Manajemen Menurut Lawrence A. Appley
berasumsi bahwa definisi manajemen merupakan kemahiran untuk menggerakan orang supaya melakukan sesuatu

Pengertian Manajemen MenurutGeorge R. Terry, 
menuliskan bahwa manajemen adalahproses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan : perencanaan,  pengorganisasian, menggerkan dan pemantauan yang dialkukan guna menilai serta menjangkau sasaran-sasaran yang telah diputuskan melalui pemanfaatan sumber daya insan  serta sumber-sumber lain.

Dari sejumlah pengertian di atas, dapat anda simpulkan bahwa manajemen ialah seni dalam menata sistem baik orang dan perlengkapan lain supaya dapat berlangsung dan bekerja cocok dengan peraturan dan destinasi entitas yang terdiri dari berbagai kegiatan sebagaimana dilafalkan oleh George Terry.

Di samping itu, deskripsi di atas menunjukan bahwa manajemen dalam ekonomi ialah Suatu suasana terdiri dari proses yang diperlihatkan oleh garis (line) mengarah untuk proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian, yang mana keempat proses itu saling mempunyai faedah masing-masing untuk menjangkau suatu destinasi organisasi, yaitu pemungutan keputusan.

Fungsi Managemen
Seperti yang sudah saya sampaikan diatas bahwa manajemen tersebut ada guna mengatur. Mengatur apa? Ya menata apapun yang butuh diatur. Simple, manajemen itu dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh sederhananya ialah manajemen file dan folder komputer.

Orang bila sudah terbiasa menciptakan manajemen, maka ia tidak bakal nyaman andai apapun yang disekitarnya tersebut berantakan. Karena, inti dari manajemen ialah supaya kita gampang untuk mengelolanya. Jika file/folder berarti kita gampang untuk menggali folder atau file tersebut saat dibutuhkan.

Dalam teorinya terdapat 5 Fungsi utama manajemen, yakni :
1. Planning (Perencanaan)
Proses ini guna menilai destinasi dari perusahaan/organisasi dalam format visi dan tujuan baik jangka panjang dan jangka pendek. Di samping itu, strategi-strategi yang mesti ditempuh pun sudah mesti ditentukan dari awal. Supaya, dalam pelaksanaannya akan gampang untuk menjangkau tujuan perusahaan.

2. Organizing (Mengorganisasi)
Fungsi ini bermanfaat untuk mengorganisasi/mengatur orang-orang yang terdapat dalam organisasi/perusahaan tersebut. Supaya, mereka bisa menjalankan peran dan kegunaannya masing-masing dengan maksimal. Istilah kerennya ialah the right man at the right place.

3. Staffing (Penempatan)
Tidak jauh bertolak belakang dengan organizing, staffing ini lebih luas. Kalau organizing lebih ke memanajemen sumber daya insan sedangkan staffing lebih ke sumber daya secara umum. Misalkan, perlengkapan dan inventaris yang dimiliki.

4. Coordinating (Mengkoordinasi)
Coordinating ialah faedah yang bertujuan untuk menambah efisensi dan efektifitas kinerja, menciptakan suasana dalam dunia kerja menjadi dinamis, sehat, nyaman, dll. Fungsi ini diemban ditangan manajer, jadi manajer memiliki faedah utama guna mengkoordinasi bawahannya agar dapat menambah performa kerja masing-masing.

5. Controlling (Mengontrol)
Ini ialah fungsi terakhir manajemen, sesudah semuanya dilaksanakan maka tahapan terakhir ialah mengontrolnya. Dalam faedah ini ada elemen-elemen penting, misalkan penilaian dan pembuatan kepandaian baru. Fungsi controlling ini penting, agar kinerja orang-orang didalamnya tidak menurun paling tidak standard kalau dapat ya meningkat.

Contoh dan Macam-macam Manajemen
Dalam aplikasiannya, manajemen tersebut ada tidak sedikit sekali tergantung pada bidangnya masing-masing. Tapi, inilah ini sejumlah contoh macam-macam manajemen yang telah kami tulis:

  • Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)
  • Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Manajemen K3)
  • Manajemen Laboratorium
  • Manajemen Hubungan Masyarakat (Humas)
  • Manajemen Emosi
  • Tentu saja ada tidak sedikit sekali macam-macam manajemen, silahkan klik disini guna melihat tulisan tentang macam-macam manajemen dengan lebih detail.

Intinya apa? Manajemen itu dapat diterapkan dimanapun. Semuanya tentu manajemen, mulai dari urusan kecil yakni manajemen diri sampai manajemen usaha. Semuanya memerlukan manajemen, sebab dengan adanya manajemen yang baik dan solid maka hidup/aktivitas menjadi lebih teratur.

Jika Ada Yang Ingin Request Atau Ditanyakan Seputar Pengertian, Arti, Definisi, Penjelasan, Penafsiran, Pemahaman, deskripsi, Maupun Makna, Dan Bisa Dibuat Sebagai Bahan Makalah Atau Laporan..Silahkan Komentar Dibawah Atau Bisa Mengirim Kami Request Lewat Contact Form.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close