Minggu, Oktober 29, 2017

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli, Secara Umum Dan Negara-Negara Penganut Demokrasi.

Demokrasi ialah bentuk pemerintahan di mana seluruh warga negaranya mempunyai hak setara dalam pemungutan keputusan yang dapat mengolah hidup mereka. Demokrasi memperbolehkan warga negara berpartisipasi, baik secara langsung atau melewati perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan penciptaan hukum.

Demokrasi mencakup situasi sosial, ekonomi, dan kebiasaan yang memungkinkan adanya praktik kemerdekaan politik secara bebas dan setara.

Pengertian Demokrasi

Secara umum definisi demokrasi ialah bentuk pemerintahan yang masing-masing warga negara memiliki hak yang setara dalam pemungutan suatu keputusan yang akan menyerahkan efek dalam kehidupan mereka. Demokrasi juga dapat diartikan sebagai format kekuasaan tertinggi berada ditangan rakyat.

Kata ini berasal dari bahasa Yunani δημοκρατία (dēmokratía) "kekuasaan rakyat", yang terbentuk dari δῆμος (dêmos) "rakyat" dan κράτος (kratos) "kekuatan" atau "kekuasaan" pada abad ke-5 SM guna menyebut sistem politik negara-kota Yunani, salah satunya Athena; kata ini adalahantonim dari ἀριστοκρατία (aristocratie) "kekuasaan elit".

Secara teoretis, kedua pengertian tersebut saling bertentangan, tetapi kenyataannya telah tidak jelas lagi. Sistem politik Athena Klasik, misalnya, menyerahkan kewarganegaraan demokratis untuk pria elit yang bebas dan tidak menyertakan budak dan perempuan dalam partisipasi politik.

Di seluruh pemerintahan demokrasi sepanjang sejarah kuno dan modern, kewarganegaraan demokratis tetap ditempati kaum elit hingga semua warga dewasa di mayoritas negara demokrasi canggih benar-benar bebas sesudah perjuangan gerakan hak suara pada abad ke-19 dan 20.

Kata demokrasi (democracy) sendiri telah ada semenjak abad ke-16 dan berasal dari bahasa Perancis Pertengahan dan Latin Pertengahan lama.

Suatu pemerintahan demokratis bertolak belakang dengan format pemerintahan yang kekuasaannya dipegang satu orang, laksana monarki, atau sekelompok kecil, laksana oligarki. Apapun itu, perbedaan-perbedaan yang berasal dari filosofi Yunani ini kini tampak ambigu karena sejumlah pemerintahan kontemporer membaur aduk elemen-elemen demokrasi, oligarki, dan monarki.

Karl Popper mendefinisikan demokrasi sebagai sesuatu yang bertolak belakang dengan kediktatoran atau tirani, sampai-sampai berfokus pada kesempatan untuk rakyat guna mengendalikan semua pemimpinnya dan menggulingkan mereka tanpa perlu mengerjakan revolusi.

Ada sejumlah jenis demokrasi, tetapi melulu ada dua format dasar. Keduanya menjelaskan teknik seluruh rakyat menjalankan keinginannya. Bentuk demokrasi yang kesatu ialah demokrasi langsung, yaitu seluruh warga negara berpartisipasi langsung dan aktif dalam pemungutan keputusan pemerintahan.

Di banyak sekali negara demokrasi modern, semua rakyat masih adalahsatu dominasi berdaulat namun dominasi politiknya dijalankan secara tidak langsung melewati perwakilan; ini dinamakan demokrasi perwakilan.

Konsep demokrasi perwakilan hadir dari ide-ide dan institusi yang berkembang pada Abad Pertengahan Eropa, Era Pencerahan, dan Revolusi Amerika Serikat dan Perancis.

Demokrasi menurut keterangan dari Montesque, dominasi negara mesti dipecah dan dilakukan oleh tiga lembaga atau institusi yang bertolak belakang dan terpisah satu sama lainnya, yakni kesatu, legislatif yang adalah pemegang kekuasaaan untuk menciptakan undang-undang.

kedua, eksekutif yang memiliki dominasi dalam mengemban undang-undang, dan ketiga ialah yudikatif, yang memegang dominasi untuk mengadili pengamalan undang-undang. Dan setiap institusi itu berdiri secara independen tanpa diprovokasi oleh institusi lainnya.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln  yakni pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan guna rakyat.

Pengertian Demokrasi Menurut Aristoteles mengemukakan merupakan suatu kemerdekaan atau prinsip demokrasi merupakan kebebasan, karena melulu melalui kebebasanlah masing-masing warga negara dapat saling berbagi dominasi didalam negaranya.

Aristoteles juga mengatakan bilamana seseorang hidup tanpa kemerdekaan dalam memilih teknik hidupnya, maka sama saja laksana budak.

Pengertian Demokrasi Menurut H. Harris Soche merupakan suatu format pemerintahan rakyat, karenanya dominasi pemerintahan melekat pada rakyat pun adalahHAM untuk rakyat guna mempertahankan, menata dan mengayomi diri dari masing-masing paksaan dalam sebuah badan yang di berikan untuk memerintah.

Pengertian Demokrasi Menurut International Commission of Jurist adalah format pemerintahan dimana hak dalam menciptakan suatu keputusan politik mesti diadakan oleh rakyat melewati para wakil yang terpilih dalam sebuah proses pemilu.

Ciri-Ciri Demokrasi
Setelah membicarakan pengertian demokrasi, ayo kita kupas ciri-ciri demokrasi. Berikut keterangan ciri-ciri demokrasi menurut keterangan dari UUD 1945 dan ciri demokrasi menurut keterangan dari ahli.

Ciri-ciri demokrasi menurut UUD 1945:

  • Adanya garansi HAM (pasal 28A-J UUD 1945)
  • Adanya garansi kemerdekaan untuk warga Negara guna berkumpuldan beroposisi
  • Perlakuan dan status sama untuk seluruh penduduk negara dalam hukum (pasal 27 ayat 1 UUD)
  • Kekuasaan yang dikontrol oleh rakyat melewati perwakilan yang dipilih rakyat
  • Jaminan dominasi yang sudah disepakati bersama

Ciri-ciri Demokrasi menurut political performance Bingham Powel Jr., sebagai berikut:


  • Legitimasi pemerintah didasarkan pada klaim bahwa pemerintah itu mewakili kemauan rakyatnya.
  • Pengaturan yang mengorganisasikan perundingan untuk mendapat  legitimasi didasarkan melewati pemilihan umum yang kompetitif. Pada prakteknya paling tidak ada dua partai politik.
  • Sebagian besar orang dewasa bisa ikut serta dalam proses pemilihan, baik sebagai calon maupun sebagai pemilih
  • pemilihan secara rahasia dan tanpa dipaksa
  • adanya hak-hak dasar seperti kemerdekaan berbicara, berkumpul, berorganisasi dan kemerdekaan pers.


Macam-macam demokrasi menurut konsentrasi perhatiannya

  1. Demokrasi formal demokrasi yang melulu berpusat pada dunia politik tanpa sama sekalipun meminimalkan kesenjangan politik.
  2. Demokrasi Material : Demokrasi yang berpusat pada bidang ekonomi tanpa pengurangan pada kesenjangan politik
  3. Demokrasi campuran demokrasi ini adalah kombinasi dari demokrasi formal serta demokrasi material.
Macam-macam demokrasi menurut distribusi kehendak rakyat


1. Demokrasi dengan langsung atau bahasa Inggrisnya direct democracy adalah demokrasi yang dengan langsung memboncengkan rakyat berhubungan penentuan dan pemilihan keputusan tertentu untuk negara. Contohnya ialah pemilihan umum atau pemilu

2. Demokrasi tak langsung atau bahasa Inggrisnya Indirect Democracy : Demokrasi yang tidak langsung memasukkan seluruh rakyat suatu negara pada penentuan sebuah keputusan. Misalnya keputusan tertentu yang diselenggarakan dan diputuskan oleh wakil-wakil rakyat contohnya DPRD DPD, DPR.

Prinsip demokrasi

Prinsip umum sistem demokrasi antara beda sebagai berikut.

  • Kebebasan dinyatakan dan diterima oleh penduduk negara.
  • Keterlibatan penduduk negara tentang pembuatan keputusan politik .
  • Kesamaan diantara masing-masing warga negara,
  • Setiap penduduk negara mempunyai keserupaan dan kesetaraan dalam hak praktik politik.

Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi

  • Kesetaraan hak menciptakan setiap masyarakat bisa ikut serta dalam sistem politik .
  • Pemegang dominasi dipilih menurut keterangan dari suara dan kemauan rakyat.
  • Mencegah terjadinya monopoli kekuasaan.

Kelemahan atau Kekurangan Demokrasi

  • Kepercayaan rakyat dapat dengan gampang digoyangkan melewati pengaruh-pengaruh negatif. Contohnya media yang tidak netral dalam mengucapkan informasi.
  • Kesetaraan hak dirasakan tidak adil sebab menurut keterangan dari para ahli, masing-masing orang memiliki pengetahuan politik yang tidak sama.
  • Konsentrasi pemerintah yang sedang menjabat bakal berkurang saat mendekati pemilihan umum berikutnya.


Negara-negara Penganut Demokrasi

Demokrasi dapat ditafsirkan sebagai format sistem pemerintahan “dari rakyat, oleh rakyat dan pun untuk rakyat”.

Saat dulu, ketika sistem pemerintahan begitu menyusahkan untuk seluruh rakyat, dimana rakyat tidak terlampau di perhitungkan sebagai penyokong sistem pemerintahan. Akan tetapi ketika ini sejarah sudah menyebutkan bahwa demokrasi ialah sistem politik yang terbanyak pemakaiannya di negara.

semua dunia sebab memang sistem demokrasi adalah sistem yang adil dan transparant. Sudah semakin tidak sedikit negara yang merubah sistem pemerintahan menjadi sistem demokrasi.

Indonesia sendiri adalah negara yang menganut sistem demokrasi yang terbesar ke-3 di dunia. Hal ini sebab demokrasi di hitung dari banyaknya rakyat yang dipunyai oleh sebuah negara. Berikut ini anda akan mencakup negara-negara dengan sistem demokrasi terbesar di dunia:

1. India
India adalahnegara dengan sistem demokrasi yang mana populasi pendidiknya terbesar ke-2 di dunia, yang membuatnya menjadi negara demokrasi terbesar di dunia. Di India sendiri memakai sistem demokrasi liberal.

Pemilihan umum terakhir di negara India pada tahun 2014 yang lalu, dapat kita bayangkan bagaimana keadaan pemilu di negara dengan jumlah warga yang sangat tidak sedikit ini, akan namun pemilihan di India paling aman dan berlangsung lancar, sistem yang dipakai sangat efisien.

2. Amerika Serikat
Negara yang tidak jarang di sebut dengan Paman Sam ini adalahnegara yang menganut demokrasi tertua dan pun paling berpengalaman. Demokrasi yang berlangsung di Amerika sampai ketika ini paling baik dan sudah menjadikannya sebagai negara adikuasa.

selain tersebut negara ini pun menjadi negara paling dominan di dunia untuk ketika ini. Jumlah pemilu di Amerika Serikat sampai mencapai lebih dari 250 juta jiwa, begitu besar hendak sekali warga Amerika Serikat ini.

3. Indonesia
Negara anda Indonesia, semakin berhasil saja di dalam mengemban pemilunya, terbukti pada pemilu terakhir di Indonesia berlangsung dengan paling aman, tertin dan pun lancar. Meskipun belum sepenuhnya dapat kita bilang bagus bila dikomparasikan dengan negara India anda tetap kalah di dalam sistem yang effisien.

Akan namun di dalam pergerakan politik, masing-masing harinya semakin membaik. Jumlah suara dalam pemilu di tahun 2014 menjangkau lebih dari 190 juta jiwa. Dan bakal di perkirakan guna pemilihan berikutnya jumlah suara bakal terus meningkat menilik banyaknya remaja yang sudah lumayan umur.

4. Brazil
Negara Brazil adalahnegara yang sangat besar dan penduduknya paling tidak sedikit di kawasa Amerika Selatan. Brazil memiliki populasi penduduk sampai 200 juta jiwa dengan hak suara pemilu hingga dengan 140 juta jiwa. Di Brazil sendiri pemilihan umum dilakukan 4 tahun sekali, bertolak belakang dengan di Indonesia yang pemilihannya di kerjakan 5 tahun sekali.

5. Pakistan
Pakistan adalahnegara islam dengan populasi terbanyak nomor 2 di dunia sesudah negara kita, negara Indonesia. Pakistan menjadi negara dengan sistem demokrasi terbesar ke 5 di dunia. Pada dasarnya negara ini mempunyai format pemerintahan Republik Islam, bakal tetapik di dalam pemilihannya pemerintah tetap memakai sistem demokrasi melewati pemilihan umum.

6. Nigeria
Nigeria adalahnegara yang terletak di benya Afrika unsur barat, Nigeria ialah negara di Afrika yang memiliki populasi pendidik sangat banyak. Negara ini sendiri mempunyai format pemerintahan Republik Federal.

Nigeria baru saja mengemban pemilihan umum terakhir pada tahun 2015 kemarin. Dimana pemilihan di Nigeria dilakukan bersamaan denga pemilihan presidan dan parleman dalam pemerintahan.

Contoh-contoh Penerapan/pelaksanaan Demokrasi di Masyarakat
Di samping demokrasi bisa diterapkan dalam lingkungan family dan lingkungan sekolah, Demokrasi pun dapat digunakan di kehidupan bermasyarakat.

Contoh penerapan dalam kehidupan masyarakat antara lain:

  • Bersama-sama guna saling mengawal kedamaian di lingungan masyarakat.
  • Pemilihan organisasi masyarakat melewati musyawarah
  • Berusaha menanggulangi masalah yang timbul dengan pemikiran yang jernih.
  • Mengikuti pekerjaan yang diselenggarakan oleh masyarakat
  • Mengikuti pekerjaan kerja bakti yang diselenggarakan di lingkungan masyarakat
  • Bersama-sama menyerahkan usulan demi peradaban masyarakat.
  • Saling tenggang rasa sesama warga
  • Menghargai pendapat orang lain
  • Memberi gagasan dan pun kritikan, serta saran guna kesejahteraan bersama
  • Mengimplikasikan dana guna desa dengan teknik yang benar
  • Ikut berpartisipasi didalam iuran masyarakat
  • Memecahkan masalah yang terdapat dengan teknik musyawarah dan mufakat
Jika Ada Yang Ingin Request Atau Ditanyakan Seputar Pengertian, Arti, Definisi, Penjelasan, Penafsiran, Pemahaman, deskripsi, Maupun Makna, Dan Bisa Dibuat Sebagai Bahan Makalah Atau Laporan..Silahkan Komentar Dibawah Atau Bisa Mengirim Kami Request Lewat Contact Form.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close