Sabtu, Oktober 28, 2017

Pengertian ASEAN, Prinsip ASEAN, Anggota ASEAN, Sejarah ASEAN Dan Destinasi Yang Didirikan ASEAN

Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA) atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di area Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Pengertian asean ialah adalah suatu organisasi yang yang tergabung atau terdiri dari Negara-negara yang terletak dikawasan Asia Tenggara. Pada mula terbentuknya organisasi asean ini, melulu 5 anggota yang bergabung dengan organisasi ini. Namun demikian seiring dengan berjalannya masa-masa Negara-negara beda yang terletak di area Asia Tenggara lantas ikut pun bergabung dengan ASEAN.

Pengertian ASEAN yang adalah sebuah akronim dari Association of Souteast Asian Nations ialah Perhimpunan Negara-negara yang Berada dikawasan Asia Tenggara. Organisasi ASEAN yang pada tadinya hanya berjumlah lima negara saja kini sudah tumbuh berkembang menjadi 10 negara antara beda Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Myanmar, Laos dan Kamboja dimana lima negara kesatu ialah pendirinya.

ASEAN

ASEAN adalah sebuah organisasi internasional kewilayahan yang begitu besar, andai dijumlahkan secara borongan luas wilayahnya menjangkau 1,7 juta mil persegi atau selama 4,5 juta kilometer persegi dengan jumlah populasi yang terdapat didalamnya sekitar separuh milyar orang.

ASEAN disusun dengan maksud dan destinasi kepentingan negara-negara didalamnya laksana ekonomi, sosial, budaya, dll.

ASEAN yang adalah sebuah perhimpunan negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Kota Bangkok, Thailand yang dikenal dengan Deklarasi Bangkok. Deklarasi ini dihadiri oleh lima negara yang disebut pun dengan negara pendiri ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thalaind dan pun Filipina.

Wakil-wakil dari ke-5 negara itu antara beda Adam Malik (indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), Thanat Khoman (Thaialand), dan Narciso Ramos (Filipina).

Organisasi ini bertujuan untuk menambah pertumbuhan ekonomi, peradaban sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya. Negara-negara anggota ASEAN menyelenggarakan rapat umum pada masing-masing bulan November.

Prinsip Utama ASEAN

  • Prinsip-prinsip utama ASEAN ialah sebagai berikut:
  • Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas distrik nasional, dan identitas nasional masing-masing negara
  • Hak untuk masing-masing negara guna memimpin kehadiran nasional bebas daripada campur tangan, subversif atau koersi pihak luar
  • Tidak mencampuri urusan domestik sesama negara anggota
  • Penyelesaian perbedaan atau polemik dengan damai
  • Menolak pemakaian kekuatan yang mematikan
  • Kerjasama efektif antara anggota

Anggota ASEAN
Sekarang, ASEAN beranggotakan seluruh negara di Asia Tenggara (kecuali Timor Leste dan Papua Nugini). Berikut ini ialah negara-negara anggota ASEAN:

  • Filipina (negara pendiri)
  • Indonesia (negara pendiri)
  • Malaysia (negara pendiri)
  • Singapura (negara pendiri)
  • Thailand (negara pendiri)
  • Brunei Darussalam (7 Januari 1984)
  • Vietnam (28 Juli 1995)
  • Laos (23 Juli 1997)
  • Myanmar (23 Juli 1997)
  • Kamboja (16 Desember 1998)

Sejarah ASEAN
ASEAN didirikan oleh lima negara pemrakarsa, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand di Bangkok melewati Deklarasi Bangkok. Menteri luar negeri penanda tangan Deklarasi Bangkok kala itu merupakan Adam Malik (Indonesia), Narsisco Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand).

Setelah mengetahui tentang pengertian ASEAN, anda akan berlanjut untuk membicarakan sejarah ASEAN. Seperti yang sudah diterangkan pada paragraph sebelumnya bahwa ASEAN adalah suatu wadah yang menghimpun sekian banyak  Negara yang terletak di area Asia Tenggara. Dan organisasi ini tadinya didirikan tepatnya pada tanggal 8 Agustus tahun 1967 dan untuk lokasinya di kota Bangkok, Thailand.

Pada pertemuan tersebut pun dikenal dengan nama pernyataan Bangkok. Pada pernyataan tersebut dibuntuti oleh lima Negara pendiri ASEAN yang diwakilkan oleh masing-masing utusan pada setiap Negara.

Beberapa duta yang muncul dalam pernyataan tersebut merupakan Adam Malik dari Indonesia, S Rajaratnam dari Singapura, Tun Abdul Razak dari Malaysia, Narciso Ramos dari Filipina dan Thanat Khoman dari Thailand.

Isi Deklarasi Bangkok ialah sebagai berikut:

  • Mempercepat pertumubuhan ekonomi, peradaban sosial dan pertumbuhan kebudayaan di area Asia Tenggara
  • Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
  • Meningkatkan kerjasama dan saling menolong untuk kepentingan bareng dalam bidang ekonomi, Memelihara kerjasama yang erat di tengah – tengah organisasi regional dan internasional yang ada
  • Meningkatkan kerjasama guna memajukan pendidikan, latihan, dan riset di area Asia Tenggara

Brunei Darussalam menjadi anggota kesatu ASEAN di luar lima negara pemrakarsa. Brunei Darussalam bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 7 Januari 1984 (tepat seminggu setelah mengenang hari kemerdekannya). Sebelas tahun kemudian, ASEAN pulang menerima anggota baru, yakni Vietnam yang menjadi anggota yang ketujuh pada tanggal 28 Juli 1995.

Dua tahun kemudian, Laos danMyanmar menyusul masuk menjadi anggota ASEAN, yakni pada tanggal 23 Juli 1997. Walaupun Kamboja berencana guna bergabung menjadi anggota ASEAN bareng dengan Myanmar dan Laos, rencana tersebut darurat ditunda sebab adanya masalah politik domestik Kamboja.

Meskipun begitu, satu tahun lantas Kamboja kesudahannya bergabung menjadi anggota ASEAN yakni pada tanggal 16 Desember1998.

Timor Leste
Negara baru Timor Leste, yang adalahkoloni Portugis lantas berintegrasi dengan Indonesia, sekarang mendapatkan kedudukan pemerhati (observer) dalam ASEAN, sesudah menuai protes dari sekian banyak  negara ASEAN yang tidak menyokong masuknya Timor-Leste ke ASEAN, atas dasar rasa hormat untuk Indonesia.

Awalnya, Myanmar membangkang pemberian kedudukan observer untuk Timor-Leste karena sokongan Timor-Leste terhadap pejuang pro-demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi.

Sejak restorasi kebebasan Timor-Leste pada Mei 2002, ASEAN telah tidak sedikit membantu Timor-Leste. Timor-Leste sudah diundang untuk muncul dalam sejumlah pertemuan ASEAN. Meskipun begitu, Timor-Leste masih tetap berstatus observer.

Mantan Menlu Timor Leste yang kini menjadi Presiden,Ramos Horta, pernah mengaku tidak punya minat menjadi anggota ASEAN, sebab Timor-Leste dinilai bukan negara Asia (Tenggara), tetapi negara Pasifik atau Australia. Berbeda dengan rekannya Xanana Gusmao yang mengaku bahwa bakal lebih menguntungkan untuk Timor Leste bilamana berafiliasi dengan ASEAN dikomparasikan dengan bilamana bergabung dengan Pacific Islands Forum.

Perkembangan terakhir menunjukkan bahwa Timor-Leste sangat punya minat untuk menjadi anggota ASEAN. Bahkan Pemerintah Timor-Leste melewati Kementerian Luar Negerinya sudah menargetkan bahwa Timor-Leste bakal menjadi anggota ASEAN pada tahun 2012, urusan ini paling di dukung oleh pemerintah Indonesia pun negara-negara anggota ASEAN lainnya laksana Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura dan lain-lain.

Selain sudah dibukanya Sekretariat Nasional ASEAN di Dili oleh Pemerintah Timor-Leste pada mula bulan Februari 2009 guna mempersiapkan tahapan-tahapan menjadi keanggotaan ASEAN, pun Menlu Timor-Leste Zacarias da Costa sudah mengajukan software keanggotaan ASEAN secara resmi untuk Menlu RI Marty Natalegawa di Jakarta pada tanggal 4 Maret 2011.

Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 ASEAN di Jakarta Convention Center, Jakarta, Indonesia, Minggu, 8 Mei 2011, Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan bahwa semua kepala pemerintahan/kepala negara ASEAN sudah menugaskan semua Menteri Luar Negerinya, dalam kapasitas sebagai Dewan Koordinasi ASEAN.

guna mempertimbangkan kemauan Timor Leste guna menjadi anggota ASEAN dan lantas memberikan rekomendasi untuk para pemimpin untuk ditetapkan pada akhir tahun 2011.

Nama ASEAN dalam bahasa-bahasa Asia Tenggara

  1. Bahasa Indonesia: Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (digunakan di Indonesia)
  2. Bahasa Jawa: Asosiasi Bangsa-bangsa Asia Kidul-Wétan (digunakan di Indonesia)
  3. Bahasa Sunda: / Paguyuban Bangsa-bangsa Asia Kidul-Wétan (digunakan di Indonesia)
  4. Bahasa Melayu: Persatuan Negara-negara Asia Tenggara (digunakan di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam)
  5. Bahasa Melayu: رابطة أمم جنوب شرق آسيا (digunakan di Malaysia dan Brunei Darussalam)
  6. Bahasa Tionghoa: 东南亚洲国家的协会 / 東南亞國家聯盟 (digunakan di Singapura, Vietnam])
  7. Bahasa Inggris: Association of Southeast Asian Nations (digunakan di Indonesia, Singapura dan Filipina)
  8. Bahasa Thai: สมาคมแห่งประชาชาติเอเชียตะวันออกเฉียงใต้ / อาเซียน (digunakan di Thailand)
  9. Bahasa Vietnam: Hiệp hội các quốc gia Đông Nam Á (digunakan di Vietnam)
  10. Bahasa Tagalog: Kapisanan ng mga Bansa sa Timog-Silangang Asya (digunakan di Filipina)
  11. Bahasa Laos: ສະມາຄົມປະຊາຊາດແຫ່ງອາຊີຕະເວັນອອກສຽງໃຕ້ (digunakan di Laos)
  12. Bahasa Burma/Myanmar: (digunakan di Myanmar)
  13. Bahasa Khmer: សមាគមន៏ប្រជាជាតិអាស៊ីអាគ្នេយ (digunakan di Kamboja)
  14. Banyumasan Asosiati Rakyat-rakyat Asiya Tanggara (digunakan di Indonesia)
  15. Bahasa Tamil: ஆசியான (digunakan di Singapura dan Malaysia)
  16. Bahasa Tetun: Asosiasaun ba Nasaun Sudeste Aziátiku (digunakan di Timor Leste)
  17. Bahasa Portugis: Associação das Nações do Sudeste Asiático (digunakan di Timor Leste)


Kerjasama ASEAN dengan India
India menjadi partner wicara sarat ASEAN pada KTT ke-5 ASEAN di Bangkok, Thailand tanggal 14-15 Desember 1995 sesudah sebelumnya menjadi Mitra wicara sektoral semenjak 1992. Pada KTT ke-1 ASEAN-India di Phnom Penh, Kamboja tanggal 5 November 2002.

semua Pemimpin ASEAN dan India menegaskan komitmen untuk menambah kerja sama dalam bidang perniagaan dan investasi, pengembangan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi, teknologi informasi dan people to people contacts.

Komitmen ASEAN dan India itu dikukuhkan melewati penandatanganan ASEAN-India Partnership for Peace, Progress and Shared Prosperity and Plan of Action pada KTT ke-3 ASEAN-India di Vientiane, Laos tanggal 30 November 2004.

Hubungan kerja sama Indonesia-India di bidang ekonomi dan perniagaan mulai timbul seiring dengan adanya upaya-upaya ke arah kerja sama antara ASEAN dan Asosiasi Kerja Sama Regional Asia Selatan (SAARC) untuk mengarah ke kerja sama yang lebih luas di area Asia.

Secara lebih konkret lagi, hubungan dan kerja sama yang lebih dekat sudah terwujud dalam hubungan kemitraan antara ASEAN dan India melalui bentuk pertemuan tingkat tinggi ASEAN+1 (India), di mana pertemuan keduanya diselenggarakan di Bali pada bulan Oktober 2003 lalu.

Sengketa Laut Cina Selatan
Beberapa negara sudah bersaingan menciptakan klaim teritorial atas Laut Cina Selatan.Perselisihan tersebut dirasakan sebagai titik konflik Asia yang sangat berpotensi bahaya. Perselisihan yang sudah timbul:

  • Indonesia, RRC, dan Taiwan atas wilayah perairan di unsur timur laut Kepulauan Natuna
  • Filipina, RRC, dan Taiwan atas ladang gas Malampaya dan Camago.
  • Filipina, RRC, dan Taiwan atas Scarborough Shoal.
  • Vietnam, RRC, dan Taiwan perairan di sebelah barat Kepulauan Spratly. Kesemua atau sejumlah dari pulau-pulau di wilayah tersebut pun tengah diperebutkan Vietnam, RRC, Taiwan, Brunei, Malaysia, dan Filipina.
  • Kepulauan Paracel dipersengketakan antara RRC dan Vietnam.
  • Malaysia, Kamboja, Thailand dan Vietnam atas wilayah di Teluk Thailand.
  • Singapura dan Malaysia di sepanjang Selat Johor dan Selat Singapura.

ASEAN sudah mengeluarkan pernyataan tentang masalah ini, menyerukan seluruh negara guna menangani masalah itu tanpa memakai kekerasan

Tujuan ASEAN
Selain definisi ASEAN, dalam tulisan ini pun akan diterangkan mengenai destinasi dari dibentuknya ASEAN dan destinasi dari organisasi tersebut merupakan sebagai wadah guna mempercepat kaitannya dengan perkembangan ekonomi, dan peradaban social serta perkembangan kebiasaan dalam area Negara ASEAN.

Tujuan tersebut dijangkau melalui usaha yang dijalankan dalam motivasi kebersamaan dan kesetaraan. Di samping itu, ASEAN disusun juga dalam rangka memperkuat pondasi guna perdamaian serta kesejahteraan Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN.

Inilah destinasi ASEAN yang tertera didalam Deklarasi Bangkok
To accelerate the economic growth, social progress and cultural development in the region through joint endeavours in the spirit of equality and partnership in order to strengthen the foundation for a prosperous and peaceful community of South-East Asian Nations.
Untuk mempercepat perkembangan ekonimi, peradaban sosial dan pengembangan kebiasaan dalam area (ASEAN) melewati usaha-usaha bareng didalam motivasi kesetaraan dan kebersamaan didalam memperkuat pondasi guna kesejahteraan dan perdamaian negara-negara dikawasan Asia Tenggara.

To promote regional peace and stability through abiding respect for justice and the rule of law in the relationship among countries of the region and adherence to the principles of the United Nations Charter.
Untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas dalam area dengan memuliakan keadilan dan supremasi hukum didalam hubungan diantara negara-negara dalam satu area dan kepatuhan terhadap piagam PBB.

To promote active collaboration and mutual assistance on matters of common interest in the economic, social, cultural, technical, scientific and administrative fields.
Untuk mempromosikan kolaborasi secara aktif dan saling menolong dalam hal-hal yang menjadi kepentingan bareng seperti ekonomi, sosial, budaya, teknik, ilmu pengetahuan dan pun dalam bidang-bidang administrasi.

To provide assistance to each other in the form of training and research facilities in the educational, professional, technical and administrative spheres.
Untuk memberikan pertolongan satu sama beda dalam urusan fasilitas-fasilitas pelatihan dan riset dalam bidang pendidikan, pekerjaan/profesi, kiat dan administrasi.

To collaborate more effectively for the greater utilization of their agriculture and industries, the expansion of their trade, including the study of the problems of international commodity trade, the improvement of their transportation and communications facilities and the raising of the living standards of their peoples.
Untuk bekerjasama lebih efektif dalam pemanfaatan dengan lebih baik dalam bidang pertanian dan industri, memperluas perdagangan, tergolong mempelajari masalah-masalah dalam perniagaan komositas internasional, pengembangan sistem transportasi dan fasilitas-fasilitas komunikasi dan menambah standar hidup guna orang-orang atau masyarakat yang berada didalam area ASEAN.

To promote South-East Asian studies.
Untuk mempromosikan sistem edukasi di Asia Tenggara.

To maintain close and beneficial cooperation with existing international and regional organizations with similar aims and purposes, and explore all avenues for even closer cooperation among themselves.
Untuk mengawal kerjasama yang erat dan saling menguntungkan dengan organisasi-organisasi internasional dan regional yang telah ada sebelumnya yang memiliki keserupaan visi dan tujuan, dan mengeksplor seluruh jalan guna kerjasama yang lebih erat diantara mereka (organisasi-organisasi tersebut).

Itu ialah tujuh destinasi didirikannya ASEAN yang masuk dalam Deklarasi Bangkok yang disepakati pada tanggal 8 Agustus 1967 di Kota Thailand, Bangkok.

Jika Ada Yang Ingin Request Atau Ditanyakan Seputar Pengertian, Arti, Definisi, Penjelasan, Penafsiran, Pemahaman, deskripsi, Maupun Makna, Dan Bisa Dibuat Sebagai Bahan Makalah Atau Laporan..Silahkan Komentar Dibawah Atau Bisa Mengirim Kami Request Lewat Contact Form.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close