Sabtu, Oktober 28, 2017

Definisi Dan Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum

Berdasarkan keterangan dari etimologi (segi bahasa), apresiasi berasal dari Bahasa Latin, “appretiatius” yang berarti sebuah penghargaan atau penilaian. Di samping itu, di dalam Bahasa Inggris anda mengenalnya dengan “appreciate” yang dengan kata lain melihat karya, menilai nilai, merasakan ,menyadari keindahan, dan menghayatinya.

Apresiasi : proses evaluasi atau penghargaan positif yang diserahkan seseorang terhadap sebuah karya.

Karya : suatu pekerjaan yang dilaksanakan manusia dan membuahkan hasil.

Setelah kita mengetahui pengertian apresiasi dan karya, selanjutnya anda akan mengetahui seni. Apa tersebut seni ? Seni ialah suatu strategi yang dipakai manusia dengan teknik mengimajinasikan ide, gagasan, dan ilham menjadi nyata supaya dapat dilihat/diketahui oleh publik.

Apresiasi

Jadi, dapat diputuskan bahwa apresiasi karya seni ialah kegiatan yang dilaksanakan untuk menilai sebuah karya seni. Penilaian itu dapat berupa mengenali, menilai, mengakui, dan menghargai nilai seni yang ada pada karya seni tersebut.

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli Dan Pakar
Definisi dan Pengertian Apresiasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli
Istilah apresiasi pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris yakni dari kata “appreciation” yang dengan kata lain penghargaan, penilaian, dan pengertian.

Jika ditafsirkan dari asal katanya, maka apresiasi merupakan kegiatan penilaian yang berupa penghargaan terhadap sesuatu urusan yang berbau dengan dunia karya seni atau juga karya sastra.

Selain definisi di atas, inilah merupakan sejumlah pengertian kata apresiasi yang jajaki diutarakan oleh semua ahli.

Pengertian Apresiasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Berdasarkan keterangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, apresiasi ialah setiap evaluasi baik; penghargaan; seperti contohnya – terhadap karya – karya sastra atau juga karya seni.

Pengertian Apresiasi Menurut Hornby
Berdasarkan keterangan dari Hornby, dalam Sayuti, definisi apresiasi mengacu untuk pengertian pengenalan dan pemahaman yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pengakuan yang menyerahkan penilaian.

Pengertian Apresiasi Menurut Aminuddin
Berdasarkan keterangan dari Aminuddin, apresiasi berisi arti pengenalan melewati perasaan atau juga kepekaan batin dan pernyataan terhadap unsur-unsur keindahan yang diungkapkan oleh pengarangnya.

Pengertian Apresiasi Menurut Elliyati
Berdasarkan keterangan dari Elliyanti, apresiasi adalahsetiap pekerjaan mengakrabi karya sastra secara bersungguh-sungguh. Berkaitan dengan urusan itu, apresiasi memerlukan kesungguhan penikmat sastra guna mengenali, menghargai, dan menghayati, sampai-sampai ia dapat mengejar penjiwaan yang benar-benar dalam.

Pengertian Apresiasi Menurut Effendi
Berdasarkan keterangan dari Effendi, definisi apresiasi merupakan kegiatan menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sampai-sampai tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan benak kritis, dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.

Pengertian Apresiasi Menurut Albert R. Candler
Berdasarkan keterangan dari Albert R. Candler, apresiasi merupakan pekerjaan mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif tentang gejala indah dan artistik, sampai-sampai dapat merasakan dan menilai karya itu secara semestinya.

Dalam kegiatan mengapresiasi, seorang penghayat melaksanakan kegiatan pencarian empiris estetis, sehingga semangat yang timbul ialah motivasi pengalaman indah (berupa kepuasan kontemplatif dan intuitif).

Pengertian Apresiasi Menurut Prayogi
Berdasarkan keterangan dari Prayogi, apresiasi adalahsetiap kegiatan penghargaan yang dilaksanakan sebagai hasil pemakaian, peresapan, dan evaluasi seseorang terhadap suatu karya sastra atau juga karya seni tertentu.

Apresiasi pun dapat ditafsirkan sebagai format rasa kagum atau juga kekaguman yang terbit dari diri pemakai atau juga penikmat karya seni atau juga karya sastra tertentu.

Dengan kata lain, seseorang bakal menilai sebuah karya seni baik dengan teknik melihat, menikmati, mendengar, menilai , menghayati, menjiwai maupun mencocokkan karya satu dengan lainnya.

Berdasarkan keterangan dari Brent G. Wilson (buku : Evaluation of Learning in Art Education), apresiasi mempunyai 3 domain (konteks), yakni :

  • Feeling (Perasaan) : sehubungan dengan perasaan tentang suatu keindahan.
  • Valuing (Penilaian) : sehubungan dengan nilai karya seni.
  • Emphatizing (Empati) : sehubungan dengan penghormatan/penghargaan terhadap dunia seni dan profesi (pelukis, pepatung, pemahat, pegrafis, pedesain, pekria, dan beda sebagainya).

Apresiasi
Apresiasi ialah suatu proses melihat, mendengar, menghayati, menilai, menjiwai dan membandiangkan atau menghargai sebuah karya seni.

Karya
Karya ialah suatu pekerjaan yang dilaksanakan oleh insan dan membuahkan hasil.

Seni
Seni ialah suatu strategi yang dipakai oleh seseorang dengan teknik mengimajinasikan inspirasinya menjadi nyata agar terlihat estetis dan menarik.

Rupa
Rupa ialah wujud, bidang, garis, gelap cerah / value, warna pada sebuah karya

Apresiasi Karya Seni Rupa
Jadi ‘ Apresiasi Karya Seni Rupa ’ ialah suatu teknik / proses melihat, mendengar, menghayati dan mencocokkan suatu karya seni guna dinilai / dinikmati dari sisi keindahanya.

1. Apresiasi Karya Seni Rupa
Apresiasi ialah kegiatan mengamati, menghargai, menilai karya seni.Prinsip mengapresiasi yakni :

  • Mengerti prinsip komposisi mencakup : irama, proporsi, keseimbangan, kesatuan, dan pusat perhatian.
  • Mengerti unsur-unsur seni rupa mencakup : titik. Garis, bidang, format warna, teksture, dan lain-lain.

Arti secara singkat apresiasi ialah suatu pekerjaan seseorang di dalam menilai atau menghargai karya seni. Dalam karya seni, dikenal dengan tingkatan apresiasi yakni :

1. Apresiasi Empatik
Adalah apresiasi yang melulu menilai baik dan tidak cukup baiknya suatu karya seni menurut penglihatan saja.
2. Apresiasi Estetis
Adalah apresiasi yang memiliki penilaian mengenai keindahan karya seni tersebut.
3. Apresiasi Kritis
Adalah apresiasi yang telah dalam tingkatan penganalisaan.

Proses mengapresiasi yaitu menyaksikan karya lantas merasakan, berempati, lantas muncul, pendapat individu untuk melafalkan kelebihan, kekurangan, lantas menilai.  Seni rupa yang yang sangat popular perkembangannya dan mudah dicapai oleh murid SMP ialah membuat karya lukis.

Secara Singkat dapat diputuskan bahwa cara-cara mengerjakan apresiasi ialah :

  • Mengamati
  • Menghayati
  • Memahami
  • Menanggapi
  • Menilai
  • Implementasi atau penerapan
  • Kriteria Penilaian

Kriteria ialah ukuran, ukuran evaluasi dalam apresiasi mempunyai sifat relative.

Untuk karya-karya yang bentuknya realis lazimnya ukuran yang digunakan ialah mencocokkan antara karya yang diciptakan dengan objeknya. Sedangkan guna karya-karya yang bentuknya abstrak ukurannya terletak pada seberapa jauh empiris estetik seniman yang dikongritkan dalam sebuah karya.

Penilaian Karya Sastra
Dalam presiasi seni murni, kita menanam penilaian tersebut pada dua lokasi :

1. Pada Obyeknya
Ukuran seni pada obyeknya yakni menitik beratkan factor wujud (form) sampai-sampai disebut
Formalisme. Dalam urusan ini titik berat evaluasi pada komposisi dan kaidah-kaidahnya laksana proporsi, balance, ritme, kontras, kesatuan, dan segi ekspresi dan kreativitas.

2. Pada Subyek Penilai
Ukuran evaluasi ini tidak melekat pada karya seni tetapi melekat pada diri apresiator.

Tujuan dan Manfaat Apresiasi Seni
Apresiasi seni paling bermanfaat untuk suatu bangsa, sebab dengan anda ikut mengapresiasi, maka secara tidak langsung kita sudah ikut mengembangkan keterampilan seseorang. Pengembangan tersebut dapat didapat baik melalui keterampilan pikiran, perbuatan dan pengembangan jati diri seseorang.

Tujuan pokok (utama) dari apresiasi seni yang sebenarnya ialah agar publik tahu maksud dan destinasi dari penciptaan karya seni tersebut. Akhirnya, masyarakat pun bisa menilai, menanggapi dan merasakan suatu karya seni yang sudah ada.

Adapun destinasi akhir apresiasi seni antara lain yakni :

  • Untuk mengevaluasi  dan mengembangkan nilai keindahan karya seni ;
  • Untuk mengembangkan daya kreasi dan khayalan ;
  • Untuk menyempurnakan karya seni.

Fungsi dari Apresiasi ?
Ketika anda mengapresiasi karya, kita pasti perlu tahu apa sebenarnya faedah dari mengapresiasi. Adapun faedah tersebut antara beda :

  • Sebagai sarana menambah rasa cinta terhadap karya anak bangsa Indonesia, sekaligus peduli terhadap sesama.
  • Sarana guna penilaian, penikmatan, empati, hiburan dan edukasi.
  • Sebagai sarana guna mengembangkan keterampilan manusia dalam sejumlah hal.

Di samping itu, apresiasi pun mampu memunculkan hubungan timbal-balik yang positif antara penikmat karya seni (apresiator) dan pembuat (seniman). Karena urusan inilah, diinginkan seniman dapat menciptakan karya seni yang jauh lebih baik dan berbobot Dan berkualitas dari sebelumnya.

Jenis Apresiasi Seni
Apresiasi seni dipisahkan menjadi 2, yakni :

  1. Apresiasi pasif : apresiasi yang umumnya dilaksanakan oleh orang yang masih awam terhadap seni, tetapi mempunyai minat yang baik terhadap sebuah karya seni.
  2. Apresiasi aktif : apresiasi yang hadir setelah menilai sebuah karya seni.

Macam-macam Tingkatan dalam Apresiasi Karya Seni
“Sense of Beauty”, atau rasa keindahan tentu sudah dipunyai setiap orang di dunia ini. Jika seseorang menilai, pasti akan bertolak belakang dengan yang lainnya. Penilaian si A tentu bertolak belakang dengan evaluasi si B, tergantung bagaimana seseorang menghayatinya.

Ada yang berpikir bahwa karya seni tersebut bernilai negatif ada pun yang menilai negatif. Itu seluruh tergantung dari sudut pandang pengamat tentang keindahan yang dianutnya.

Mengapresiasi tidak melulu untuk menilai karya seni saja. Kita bisa menerapkan pekerjaan apresiasi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kita berkeinginan membeli baju di Mall, dan terdapat tidak sedikit sekali opsi baju.

Kemudian anda memilih di antara baju cocok selera anda dan memakainya. Kemudian orang beda memandang penampilan anda menjadi lebih gagah/menawan. Namun, ada pun orang yang memilih baju lainnya (yang menurutnya sesuai dengan kepribadiannya ). Itupun dapat dikatakan sebagai salah satu format apresiasi.

Dari misal tersebut, saya dan anda bisa menyimpulkan bahwa persepsi orang tersebut benar-benar bertolak belakang antara satu dengan lainnya.

Secara lebih spesifik, urusan ini timbul sebab :

  • Status sosial yang berbeda-beda.
  • Tingkat intelektual.
  • Pemahaman terhadap seni dan tingkat evaluasi seseorang tersebut beragam.

Nah, sebab itulah lantas muncul sebuah tingkatan dalam apresiasi.
Lalu, apa saja tingkatan apresiasi tersebut ? Dan apa pengertiannya ?

1. Apresiasi empatik : sebuah sikap apresiasi yang menilai karya seni dengan tangkapan indrawi saja. Dengan kata lain, evaluasi baik dan buruknya sebuah karya dilaksanakan dengan pemantauan semata. Biasanya, apresiasi jenis ini dilaksanakan oleh orang awam yang tidak cukup mengerti dunia seni.

2. Apresiasi indah : sikap apresiasi yang menilai keindahan karya seni disertai pemantauan dan penghayatan yang lebih mendalam.

3. Apresiasi kritis : apresiasi yang menilai karya seni dengan mengklasifikasi, mendeskripsi, menjelaskan, menganalisis, menafsirkan/menginterpretasi dan mengevaluasi serta memutuskan hasil pengamatannya secara akurat dan bertanggung jawab.

Dengan kata lain, apresiasi ini dilaksanakan dengan teknik ilmiah dan lebih mempunyai sifat keilmuan. Biasanya dilaksanakan oleh kritikus yang memang sudah menelaah bidang tersebut.

Kesimpulan
Dari keterangan di atas, dapat diputuskan bahwa apresiasi seni ialah sesuatu yang bermanfaat untuk kemajuan individu seseorang. Baik orang yang menjadi apresiator maupun seniman tersebut sendiri. Di samping itu, anda secara tidak langsung pun telah ikut berpartisipasi dalam melestarikan kebiasaan dan karya anak bangsa.

Jika Ada Yang Ingin Request Atau Ditanyakan Seputar Pengertian, Arti, Definisi, Penjelasan, Penafsiran, Pemahaman, deskripsi, Maupun Makna, Dan Bisa Dibuat Sebagai Bahan Makalah Atau Laporan..Silahkan Komentar Dibawah Atau Bisa Mengirim Kami Request Lewat Contact Form.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close