Kamis, Oktober 26, 2017

Akhlak secara terminologi berarti tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu kemauan secara sadar untuk mengerjakan suatu tindakan yang baik.

Akhlak merupakan format jamak dari kata khuluk, berasal dari bahasa Arab yang berarti perangai, tingkah laku, atau tabiat, teknik membedakan akhlak, moral dan etika yakni Dalam etika, guna menilai nilai perbuatan insan baik atau buruk memakai tolok ukur akal benak atau rasio.

Pengertian Dan Definisi Akhlak

sementara dalam moral dan susila memakai tolok ukur norma-norma yang tumbuh dan berkembang dan dilangsungkan dalam masyarakat (adat istiadat), dan dalam akhlaq memakai ukuran Al Qur’an dan Al Hadis guna menilai baik-buruknya.

Tiga pakar di bidang akhlak yakni Ibnu Miskawaih, Al Gazali, dan Ahmad Amin mengaku bahwa akhlak ialah perangai yang melekat pada diri seseorang yang dapat menimbulkan perbuatan baik tanpa mempertimbangkan benak terlebih dahulu.

Baca Juga : Pengertian Paradigma Menurut Para Ahli

Akhlak bersumber pada agama. Perangai sendiri berisi definisi sebagai sebuah sifat dan watak yang adalahbawaan seseorang.Pembentukan peragai ke arah baik atau buruk, ditentukan oleh hal dari dalam diri sendiri maupun dari luar, yaitu situasi lingkungannya.

Lingkungan yang sangat kecil ialah keluarga, melewati keluargalah jati diri seseorang bisa terbentuk. Secara terminologi akhlak berarti tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu kemauan secara sadar untuk mengerjakan suatu tindakan yang baik.

Para berpengalaman seperti Al Gazali mengaku bahwa akhlak ialah perangai yang melekat pada diri seseorang yang dapat menimbulkan perbuatan baik tanpa mempertimbangkan benak terlebih dahulu. Peragai sendiri berisi definisi sebagai sebuah sifat dan watak yang adalahbawaan seseorang.

Membicarakan soal akhlak takkan pernah habis, sebab dalam kehidupan sehari-hari, baik mulai dari diri sendiri, dalam keluarga, masyarakat, dan bersosialisasi dengan siapapun tentu tidak terlepas dari akhlak. Apa yang dilaksanakan sudahkah layak dan cocok dengan syariat Islam.

Tentu dalam seluruh agamapun mengajarkan mengenai perilaku yang baik-baik, lagipula dalam agama Islam, seluruh hal dari yang kecil sampai urusan terbesar telah diterangkan dan terdapat ajarannya secara jelas, eksplisit dan diberikan contoh langsung oleh nabi Muhammad.

Kata “akhlak” mempunyai makna dan makna yang paling luas guna segala tindak tanduk, atapun perilaku kehidupan sehari-hari. Bagi lebih jelasnya, ayo kita simak penjelasannya dibawah ini.

Kata “akhlak” berasal dari bahasa arab yakni ” Al-Khulk ” yang berarti tabeat, perangai, tingkah laku, kebiasaan, kelakuan. Berdasarkan keterangan dari istilahnya, akhlak merupakan sifat yang tertanam di dalam diri seorang insan yang dapat mengeluarkan sesuatu dengan senang dan gampang tanpa adanya sebuah pemikiran dan paksaan.

Dalam KBBI, akhlak berarti budi pekerti atau kelakuan. Sedangkan menurut keterangan dari para ahli, definisi akhlak ialah sebagai berikut:

Pengertian Akhlak Menurut Para Ahli : 

1. Pengertian Akhlak Menurut Ibnu Maskawaih
Menurutnya akhlak merupakan “hal li nnafsi daa’iyatun lahaa ila af’aaliha min ghoiri fikrin walaa ruwiyatin” yakni sifat yang tertanam dalam jiwa seseorang yang mendorongnya untuk mengerjakan perbuatan tanpa membutuhkan pemikiran dan pertimbangan.

2. Pengertian Akhlak Menurut Abu Hamid Al Ghazali
Akhlak merupakan sifat yang terpatri dalam jiwa insan yang darinya tercetus perbuatan-perbuatan yang dilaksanakan dengan senang dan gampang tanpa memikirkan dirinya serta tanpa adanya renungan terlebih dahulu.

3. Pengertian Akhlak Menurut Ahmad bin Mushthafa
Akhlak adalahsebuah ilmu yang darinya bisa diketahui jenis-jenis keutamaan, dimana keutamaan itu merupakan terwujudnya ekuilibrium antara tiga kekuatan yaitu kekuatan berpikir, marah dan syahwat atau nafsu.

4. Pengertian Akhlak Menurut Muhammad bin Ali Asy Syariif Al Jurjani
Akhlak adalahsesuatu yang sifatnya (baik atau buruk) tertanam powerful dalam diri insan yang darinyalah tercetus perbuatan-perbuatan dengan gampang dan enteng tanpa beranggapan dan direnungkan.

Dalam Al-Qur’an surat Al-Qolam ayat 4 disebutkan bahwa “Dan sesungguhnya anda (Muhammad) berada diatas budi pekerti yang agung”. Dan dalam suatu haditspun disebutkan bahwa “Aku diutus melulu untuk menyempurnakan akhlak yang mulia”.

Baca Juga : Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Sehingga jelas untuk umat Islam diseluruh alam berpatokan pada akhlaknya nabi Muhammad SAW. Akhlak terpuji yang terdapat dalam diri Rasulullah SAW patut anda jadikan misal dan suri tauladan yang baik.

Ada dua sumber yang mesti dijadikan sebagai pegangan hidup yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah yang keduanyapun dijadikan sumber akhlak islamiyah. Jika insan telah berakhlakul karimah atau akhlak yang baik, mulia, terpuji InsyaAllah hidupnya bakal jauh lebih baik.

Jika Ada Yang Ingin Request Atau Ditanyakan Seputar Pengertian, Arti, Definisi, Penjelasan, Penafsiran, Pemahaman, deskripsi, Maupun Makna.Silahkan Komentar Dibawah Atau Bisa Mengirim Kami Request Lewat Contact Form.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close