Kamis, Oktober 26, 2017

Pengertian Agama menurut keterangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah sistem yang menata tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan untuk Tuhan Yang Maha kuasa serta tata kaidah yang bersangkutan dengan pergaulan insan dan insan serta lingkungannya.

Kata "agama" berasal dari bahasa Sansekerta āgama yang berarti "tradisi". Sedangkan kata beda untuk mengaku konsep ini ialah religi yang berasal dari bahasa Latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti "mengikat kembali". Maksudnya dengan berreligi, seseorang mengikat dirinya untuk Tuhan.

Pengertian Agama

Definisi mengenai agama dipilih yang simpel dan meliputi. Artinya pengertian ini diinginkan tidak terlampau sempit atau terlampau longgar namun dapat dikenakan untuk agama-agama yang sekitar ini dikenal melewati penyebutan nama-nama agama itu. Untuk tersebut terhadap apa yang dikenal sebagai agama-agama tersebut perlu ditelusuri titik persamaannya dan titik perbedaannya.

Manusia memiliki keterampilan terbatas, kesadaran dan pernyataan akan keterbatasannnya menjadikan kepercayaan bahwa terdapat sesuatu yang spektakuler diluar dirinya. Sesuatu yang luar biasa tersebut tentu berasal dari sumber yang spektakuler juga.

Pengertian Agama Menurut Wikipedia :
Agama ialah sebuah koleksi terorganisir dari kepercayaan, sistem budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan insan dengan tatanan/perintah dari kehidupan. Banyak agama mempunyai narasi, simbol, dan sejarah suci yang dimaksudkan untuk menyatakan makna hidup dan / atau menyatakan asal usul kehidupan atau alam semesta.

Baca Juga : Pengertian Paradigma Menurut Para Ahli Dan Klasifikasinya

Dari kepercayaan mereka mengenai kosmos dan sifat manusia, orang mendapat  moralitas, etika, hukum agama atau gaya hidup yang disukai. Menurut sejumlah perkiraan, ada selama 4.200 agama di dunia.

Dan sumber yang luar biasa tersebut ada bermacam-macam cocok dengan bahasa manusianya sendiri. Misal Tuhan, Dewa, God, Syang-ti, Kami-Sama dan lain-lain atau melulu menyebut sifat-Nya saja laksana Yang Maha Kuasa, Ingkang Murbeng Dumadi, De Weldadige dll.

Keyakinan ini membawa insan untuk menggali kedekatan diri untuk Tuhan dengan teknik menghambakan diri, yaitu:

  • menerima segala kepastian yang menimpa diri dan sekitarnya dan yakin berasal dari Tuhan
  • menaati segenap ketetapan, aturan, hukum dll yang dipercayai berasal dari tuhan

Dengan demikian didapatkan keterangan yang jelas, bahwa agama tersebut penghambaan manusia untuk Tuhannya. Dalam definisi agama ada 3 unsur, merupakan manusia, penghambaan dan Tuhan. Maka sebuah paham atau doktrin yang berisi ketiga bagian pokok definisi tersebut bisa disebut agama.

Agama di dunia jumlahnya ada tidak sedikit sekali. Sedangkan di Indonesia terdapat 6 agama yang dinyatakan secara resmi yakni Katolik, Kristen Protestan, Islam, Hindhu, Buddha, Khonghucu.

Nah, barangkali selama ini anda masih bingung dengan pengertian agama, maka dalam tulisan ini akan dibicarakan apa definisi agama menurut keterangan dari KBBI dan semua ahli.

Berdasarkan keterangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) definisi atau pengertian agama ialah sistem yang menata tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan untuk Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang bersangkutan dengan pergaulan insan dan insan serta lingkungannya.

Istilah agama sendiri ialah suatu istilah yang berasal dari bahasa Sanskerta “āgama” yang memiliki makna “tradisi”.

Istilah asing lainnya yang memiliki pengertian sama dengan agama ialah religi yang berasal dari bahasa latin “religio” dan berakar pada kata kerja “re-ligare” yang memiliki makna “mengikat kembali”. Mengikat di sini maksudnya yakni dengan ber-religi maka seseorang bakal mengikat dirinya untuk tuhan.

Baca Juga : Defnisi Air Menurut Para Ahli Dan Bentuk Serta Kandungan Air

Di Indonesia ini, beberapa besar penduduknya mendekap agama Islam dengan total pemeluknya menjangkau 87,18% dari semua total populasi warga Indonesia. Kemudian kristen protestan sejumlah 6,96%, katolik sejumlah 2,9%; hindu sejumlah 1,69%; buddha sejumlah 0,72%; dan Khonghucu sejumlah 0,05%;. Data tersebut didapatkan berdasar hasil sensus tahun 2010.

Bisa saja ketika ini jumlahnya telah merasakan sedikit perubahan.Jika tadi sudah dibicarakan tentang definisi agama menurut keterangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka inilah ini ialah definisi agama menurut keterangan dari beberapa berpengalaman :

Pengertian agama menurut keterangan dari para ahli

1. Pengertian agama menurut Émile Durkheim pengertian Agama ialah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas keyakinan dan praktik yang bersangkutan dengan urusan yang suci dan membulatkan semua penganutnya dalamsuatu komunitas moral yang di namakan umat.
2. Pengertian agama menurut prof Dr.m. Drikarya pengertian Agama ialah kenyakinan adanya sebuah kekuatan supranatural yang menata danmenciptakan alam dan isinya.
3. Pengertian agama menurut H. Moenawar Chalil pengertian Agama ialah perlibatan yang adalahtingkah laku insan dalam bersangkutan dengan kekuatan supranatural itu sebagai konsekuensi atas pengakuannya.
4. Pengertian agama menurut Hendro Puspito pengertian Agama ialah sistem nilai yang menata hubungan insan dan alam semesta yang sehubungan dengan keyakinan.
5. Pengertian agama menurut Jappy Pellokild pengertian Agama ialah percaya adanya tuhan yang maha esa dan hukum-hukumnya.

Baiklah, dengan begitu maka berlalu sudah ulasan mengenai makna atau definisi agama, baca juga tulisan menarik lainnya dalam blog ini untuk meningkatkan wawasan kamu.

Jika Ada Yang Ingin Request Atau Ditanyakan Seputar Pengertian, Arti, Definisi, Penjelasan, Penafsiran, Pemahaman, deskripsi, Maupun Makna.Silahkan Komentar Dibawah Atau Bisa Mengirim Kami Request Lewat Contact Form.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close