Kamis, Oktober 26, 2017

Definisi Administrasi
Secara Umum, Pengertian Administrasi ialah usaha dan pekerjaan yang berkaitan dengan penyelenggaraan kearifan untuk menjangkau tujuan. Pengertian administrasi juga dipisahkan menjadi dua yaitu definisi administrasi dalam makna sempit dan definisi administrasi dalam makna luas.

Administrasi dalam makna sempit ialah kegiatan yang mencakup dari catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang mempunyai sifat teknis ketatausahaan.

Definisi Administrasi

Sedangkan definisi administrasi mempunyai sifat luas ialah seluruh proses kerja sama dari dua orang atau lebih dalam menjangkau tujuan dengan pemanfaatan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya untuk dan sukses guna.

Pengertian administrasi secara umum ialah suatu format usaha dan pekerjaan yang sehubungan dengan pengaturan kearifan untuk menjangkau tujuan.

Pengertian administrasi secara sempit merupakan suatu format kegiatan yang mencakup catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan sederhana, ketik-mengetik, dan sebagainya yang memiliki sifat teknis ketatausahaan.

Baca Juga : Pengertian 2 Dimensi Dan 3 Dimensi Serta Karakteristiknya

Sedangkan definisi administrasi secara luas merupakan segala format proses kerja sama dari dua orang atau lebih untuk menjangkau tujuannya dengan memanfaatkan sarana dan prasana eksklusif secara berdaya untuk dan sukses guna.

Ciri-Ciri Administrasi

  1. Ada kumpulan manusia yang terdiri dari 2 pribadi atau lebih
  2. Ada kerja sama
  3. Ada proses atau usaha
  4. Ada bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan
  5. Mempunyai tujuan
Fungsi Administrasi
  1. Planning (perencanaan)
  2. Organizing (pengorganisasian)
  3. Staffing (pengadaan tenaga kerja)
  4. Directing (pengarahan atau bimbingan)
  5. Coordinating (pengorganisasian)

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli
1. Pengertian Administrasi Menurut Sondang P. Siangan Administrasi ialah keseluruhan proses kerja sama antara dua orang insan atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk menjangkau tujuan yang sudah dibentukan.

2. Pengertian Administrasi Menurut munawardi Reksohadiprowiro “dalam makna sempit” administrasi berarti tata usaha yang merangkum setiap penataan yang rapid an sistematis serta penentuan fakta-fakta serta tertulis dengan tujuan mendapat  pandangan yang lengkap serta hubungan timbale balik antara satu kenyataan dengan kenyataan lainnya.

3. Pengertian Administrasi Menurut Wijana, administrasi ialah “Rangkaian seluruh organ-organ Negara rendah dan tinggi yang bertugas menjalankan pemerintahan pelakanaan dan kepolisian

4. Pengertian Administrasi Menurut Leonard D. White (1958) Administrasi ialah suatu proses yang umum dalam seluruh usaha-usaha suatu kumpulan baik dalam usaha umum atau pribadi.

5. Pengertian Administrasi Menurut Wiliaw H. Newman (1963) Administrasi ialah pembimbingan, kepemimpinan dan pemantauan usaha-usaha sebuah kelompok pribadi kearah pencapaian destinasi bersama.

6. Pengertian Administrasi Menurut ULBERT Administrasi secara sempit didefinisikan sebagain penyusunan dan pendaftaran data dan informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan maksud menyediakan penjelasan serta mempermudah untuk mendapat  kembali baik beberapa maupun menyeluruh. Pengertian administrasi secara sempit ini lebih dikenal dengan istilah Tata Usaha.

7. Pengertian Administrasi Menurut WH EVANS Administrasi ialah fungsi yang mencantol manajemen  dan pengarahan seluruh tahap operasi perusahaan tentang pengolahan bahan keterangan, komunikasi, dan memori organisasi.

8. Pengertian Administrasi Menurut WILLIAM LEFFINGWELL dan EDWIN ROBINSON Administrasi ialah cabang ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan tersebut harus dilakukan.

9. Pengertian Administrasi Menurut ARTHUR GRAGER Administrasi ialah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat sebuah organisasi

10. Pengertian Administrasi Menurut GEORGE TERRY Administrasi ialah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian kegiatan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya supaya mencapai destinasi yang sudah ditetapkan.

11. Pengertian Administrasi Menurut Simon Administrasi sebagai pekerjaan kelompok yang menyelenggarakan kerjasama guna menuntaskan tugas bareng .

12. Definisi Administrasi Menurut S.P. Siagian Administrasi yakni proses kerjasama antara dua orang atau lebih menurut rasionalitas tertentu untuk menjangkau tujuan bareng yang sudah ditentukan

13. Definisi Administrasi Menurut FX.Soedjadi, Administrasi yakni sebagai pekerjaan tata usahakantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya).

14. Definisi Administrasi Menurut The Liang Gie menuliskan “Administrasi secara luas ialah serangkaian pekerjaan yang dilaksanakan oleh sekelompok orang dalam sebuah kerjasama untuk menjangkau tujuan tertentu” .

15. Definisi Administrasi Menurut Soewarno Handayaningrat menuliskan “Administrasi yakni meliputi pekerjaan catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, keti-mengetik, kegiatan dan sebagainya yang mempunyai sifat teknis ketatausahaan.

16. Definisi Administrasi Menurut M/E Dimock Dan G.O Dimock menuliskan bahwa : Administrasi Negara adalahsuatu unsur dari administrasi umum yang memiliki lapangan yang lebih luas, yaitu sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana lembaga – lembaga mulai dari sebuah keluarga sampai perserikatan bangsa – bangsa disusun, digerakkan dan dikemudikan.

17. Definisi Administrasi Menurut Bachsan Mustafa, SH; administrasi Negara ialah sebagai campuran jabatan – jabatan yang disusun dan dibentuk secara bertingkat yang diserahi untuk badan – badan pembuat undang – undang dan badan – badan kehakuman.

Baca Juga : Pengertian Teknologi 2G, 3G, Dan 4G Lte

18. Definisi Administrasi Menurut Wilson 1987, administrasi sebagai ilmu. Pemikiran mengenai supremasi kepemimpinan pejabat politik atas birokrasi tersebut timbul dari perbedaan faedah antara politik dan administrasi, dan adanya asumsi mengenai superioritas faedah – faedah politik administrasi. Slogan klasik pernah pun ditawarkan manakala faedah politik selesai maka faedah administrasi tersebut mulai, when politic end, administration begin – Wilson 1941.

19. Definisi Administrasi Menurut John M. Pfiffer dan Robert V, Administrasi Negara ialah suatu proses yang terkaitdengan pelaksanaan kearifan – kearifan pemerintah, pengarahan kemampuan dan kiat – kiat yang tidak terhingga jumlahnya, menyerahkan arah dan maksud terhadap usaha sebanyak orang.

20. Definisi Administrasi Menurut Prof. Dr. Prajudi Atmosudirdjo menuliskan bahwa : Administrasi Negara ialah fungsi pertolongan penyelenggaraan dari pemerintah dengan kata lain pemerintah (pejabat) tidak dapat membayar tugas – tugas kewajibannya tanpa Administrasi Negara.

Kami paling berharap sesungguhnya informasi tentang pengertian administrasi, faedah administrasi dan ciri – ciri administrasi diatas dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian. Kami betul – betul berterimakasih untuk pembaca yang sudah mempercayakan untuk kami untuk memahami informasi rinci tentang definisi administrasi,

faedah administrasi dan ciri – ciri administrasi. Kami terus berproses supaya mampu menyuguhkan informasi yang benar – benar bermanfaat untuk pembaca. Karena tanpa hadirnya pembaca distus kami yang simpel ini, kami bukanlah apa – apa.

Jika Ada Yang Ingin Request Atau Ditanyakan Seputar Pengertian, Arti, Definisi, Penjelasan, Penafsiran, Pemahaman, deskripsi, Maupun Makna.Silahkan Komentar Dibawah Atau Bisa Mengirim Kami Request Lewat Contact Form.

Silahkan Berkomentar Dengan Baik, Jika Terdapat Link Aktif Otomatis Komentar Akan Kami Hapus!
EmoticonEmoticon

close